Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Diskusi Tindak Lanjut dan Pengembangan Kompetensi Kepala Sekolah di Ruang GTK

Formulir Diskusi Tindak Lanjut dan Pengembangan Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Bawahan di Ruang GTK

Formulir Diskusi Tindak Lanjut (Kepala Sekolah)

Bagaimana refleksi Anda tentang Praktik Kinerja Anda selama Observasi Praktik Kinerja?
Selama observasi praktik kinerja, saya belajar banyak tentang peran saya sebagai kepala sekolah. Saya menyadari bahwa tugas utama saya bukan hanya mengatur, tetapi juga membimbing dan mendampingi guru agar terus berkembang. Dalam kegiatan refleksi, saya berusaha mendengarkan kesulitan guru dan membantu mencari solusi bersama. Saya juga melibatkan guru dalam memberikan umpan balik agar mereka merasa dihargai dan berperan aktif dalam peningkatan mutu sekolah. Melalui proses ini, saya melihat adanya perubahan positif dalam cara guru mengajar dan berinteraksi dengan siswa. Meski masih ada hal yang perlu diperbaiki, saya merasa bangga dengan semangat belajar dan kerja sama yang tumbuh di lingkungan sekolah. Ke depan, saya akan terus belajar, memperkuat komunikasi, dan menumbuhkan budaya reflektif agar seluruh warga sekolah dapat berkembang bersama demi kualitas pembelajaran yang lebih baik.
Apa tujuan tindak lanjut yang ingin Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas Praktik Kinerja Anda?
Tujuan tindak lanjut saya adalah memperkuat budaya refleksi dan kolaborasi di sekolah dengan menciptakan suasana yang aman dan terbuka agar guru berani berbagi pengalaman serta kesulitannya. Saya ingin meningkatkan kemampuan dalam memberikan umpan balik yang membangun, memfasilitasi diskusi reflektif yang fokus pada solusi, serta mendorong guru menerapkan hasil refleksi dalam praktik mengajar agar pembelajaran semakin bermakna dan berkualitas.
Apa upaya-upaya yang ingin Anda lakukan untuk mencapai tujuan tindak lanjut tersebut?
Untuk mencapai tujuan tersebut, saya akan menjadwalkan sesi refleksi rutin bersama guru dengan suasana yang santai dan terbuka. Saya akan memberikan contoh refleksi diri agar guru termotivasi melakukan hal serupa. Selain itu, saya akan mengikuti pelatihan kepemimpinan pembelajaran, memperbanyak membaca referensi tentang *coaching* dan *mentoring*, serta membangun komunikasi dua arah yang positif agar kolaborasi dan semangat belajar guru semakin meningkat.
Kapan Anda akan melakukan aksi tindak lanjut?
November
Apa dukungan yang Anda butuhkan untuk melakukan upaya tindak lanjut?
Saya membutuhkan dukungan dari pengawas dan rekan sejawat untuk memberi masukan saat refleksi, serta kesempatan mengikuti kombel dan dukungan waktu dari dinas pendidikan agar upaya peningkatan kinerja berjalan efektif.
Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?
Inspirasi baru yang saya dapatkan adalah bahwa budaya refleksi dan kolaborasi tidak hanya meningkatkan kompetensi guru, tetapi juga menumbuhkan rasa saling percaya dan kebersamaan di sekolah. Dengan suasana terbuka, guru lebih berani berbagi pengalaman dan ide pembelajaran inovatif. Saya belajar bahwa perubahan positif dimulai dari komunikasi yang hangat, empati, dan kemauan untuk belajar bersama demi peningkatan mutu pembelajaran yang berkelanjutan.
Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?
Berdasarkan inspirasi tersebut, saya mulai menerapkan pendekatan reflektif dalam setiap kegiatan di sekolah. Saya lebih sering mengajak guru berdiskusi setelah pembelajaran untuk meninjau apa yang berhasil dan perlu diperbaiki. Saya juga mendorong guru menerapkan refleksi serupa di kelas bersama siswa. Selain itu, suasana rapat kini lebih terbuka dan kolaboratif, di mana setiap pendapat dihargai. Perubahan ini membuat komunikasi lebih hangat dan praktik pembelajaran semakin bermakna.
Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?
  1. Membangun konsistensi guru dalam melakukan refleksi karena sebagian masih menganggapnya sebagai beban tambahan.
  2. Menumbuhkan keberanian guru untuk terbuka dan jujur dalam menyampaikan kesulitan tanpa rasa takut dinilai negatif.
  3. Mengatur waktu pelaksanaan refleksi dan kolaborasi di tengah padatnya kegiatan sekolah agar tetap berjalan efektif dan berkelanjutan.
Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?
Saya berencana mengatasi tantangan tersebut dengan menciptakan lingkungan refleksi yang aman dan menyenangkan agar guru merasa nyaman berbagi pengalaman. Saya akan memberi contoh refleksi diri secara terbuka untuk menumbuhkan kepercayaan dan keteladanan. Selain itu, saya akan menjadwalkan kegiatan refleksi dan kolaborasi secara rutin namun fleksibel, disesuaikan dengan agenda sekolah, sehingga kegiatan dapat berjalan konsisten tanpa mengganggu tugas utama guru.

Pengembangan Kompetensi (Kepala Sekolah)

Apa inspirasi menarik yang Anda peroleh dari kegiatan? Ketik maksimal 3 inspirasi:
  • Saya menyadari bahwa refleksi yang rutin dapat membantu menemukan akar masalah dalam pembelajaran dan mencari solusi yang lebih tepat.
  • Melalui kegiatan kombel, saya terinspirasi dari praktik baik kepala sekolah lain dalam membangun budaya reflektif.
  • Saya belajar bahwa perubahan kecil yang konsisten dalam membimbing guru dapat berdampak besar pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Bagaimana Anda menerapkan inspirasi tersebut untuk kemajuan penguasaan kompetensi? Ketik minimal 1 penerapan untuk kemajuan penguasaan kompetensi Anda:
Saya menerapkan inspirasi tersebut dengan menjadwalkan refleksi rutin bersama guru untuk membahas praktik pembelajaran dan mencari solusi bersama. Saya juga aktif mengikuti kegiatan kombel untuk bertukar pengalaman dan menerapkan ide-ide baru. Selain itu, saya berusaha membangun komunikasi terbuka dengan guru agar refleksi menjadi bagian dari budaya sekolah yang mendorong peningkatan kompetensi dan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.