Download Contoh Modul Ajar Ukin PPG Guru Tertentu 2025
Perangkat Ajar UKIN PPG Guru Tertentu
PENGERTIAN UKIN PPG GURU TERTENTU
Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) merupakan nama pelaksanaan Uji Kompetensi Pendidik mulai tahun 2024, sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 19 Tahun 2024. UKPPPG dilaksanakan dengan tujuan utama untuk mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan PPG.
Komponen UKPPPG
UKPPPG dilaksanakan dengan dua jenis ujian utama:
- Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK): Terdiri dari Tes Objektif (PCK dan SJT) dan Tes Subjektif (Uraian Studi Kasus Reflektif).
- Ujian Kinerja (UKin): Dirancang untuk menilai kompetensi peserta PPG dalam melakukan pengajaran dan pembelajaran yang efektif di kelas.
Komponen Ujian Kinerja (UKin)
Ujian Kinerja (UKin) terbagi menjadi dua komponen penilaian:
- Penilaian Perangkat Pembelajaran: Yaitu penilaian terhadap perangkat pembelajaran yang mendukung proses dalam praktik pembelajaran, termasuk di dalamnya Modul Ajar atau Rancangan Pembelajaran.
- Penilaian Video Praktik Pembelajaran: Yaitu penilaian terhadap kompetensi peserta dalam melaksanakan pembelajaran secara riil di kelas melalui video yang diunggah.
Modul Ajar di bawah ini adalah contoh dari Perangkat Pembelajaran yang menjadi salah satu dokumen wajib unggah dalam Ujian Kinerja (UKin) PPG Guru Tertentu.
MODUL AJAR IPAS KELAS 5 FASE C (Contoh Perangkat Ajar UKIN)
IDENTIFIKASI MODUL
| Kategori | Detail |
|---|---|
| Penyusun | ... |
| NIM | ... |
| Nama Sekolah | ... |
| Tahun Ajaran | 2025/2026 |
| Fase/Kelas / Smt | C/V (lima)/ 1 (satu) |
| Mata Pelajaran | Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) |
| Topik | Rantai Makanan |
| Alokasi Waktu | 2 JP (2 x 35 menit) |
A. PESERTA DIDIK
- Pengetahuan Awal: Peserta didik mengetahui bahwa hewan saling memangsa, tetapi belum memahami sistem hubungan makanan antar makhluk hidup secara utuh.
- Minat: Peserta didik menyukai kegiatan eksploratif seperti bermain peran sebagai hewan dalam rantai makanan atau menggambar lingkungan.
- Latar Belakang: Peserta didik berasal dari lingkungan pedesaan yang dekat dengan sawah dan sungai, sehingga memiliki pengetahuan sederhana mengenai hubungan antar makhluk hidup.
B. DIMENSI PROFIL LULUSAN
- Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
- Kolaborasi
- Kreatifitas
DESAIN PEMBELAJARAN
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif; sistem tata surya; IPA dan kondisi geografis negara Indonesia dalam konteks ASEAN; sejarah perkembangan peradaban awal manusia; keberagaman budaya nasional yang dilandasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan; perkembangan masyarakat di masa lalu; nilai kearifan lokal serta keberlanjutan kehidupan bangsa di masa depan.
B. LINTAS DISIPLIN ILMU
- Bahasa Indonesia: Melatih kemampuan menyampaikan pendapat lisan saat diskusi kelompok.
- Seni Rupa: Menggambar rantai makanan di dalam suatu ekosistem.
- Pendidikan Pancasila: Sikap tanggung jawab menjaga keseimbangan ekosistem.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Memahami: Peserta didik memahami pengertian rantai makanan dan menjelaskan peran produsen, konsumen, dan dekomposer dalam suatu ekosistem.
- Menganalisis: Peserta didik menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam sebuah rantai makanan dengan menggunakan gambar dan diagram.
- Mengaplikasi: Peserta didik mengaplikasikan pemahaman tentang rantai makanan dengan membuat rantai makanan pada suatu ekosistem sederhana.
- Merefleksi: Peserta didik merefleksikan pentingnya keseimbangan rantai makanan dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan sikap bertanggung jawab.
D. PRAKTIK PEDAGOGI
- Pendekatan: Deep Learning dan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge)
- Model: Discovery Learning
- Metode: Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan, dan Presentasi Kelompok
KEGIATAN PEMBELAJARAN (Alokasi Waktu: 70 menit)
Kegiatan Inti (50 menit) - Model Discovery Learning
- Sintak 1: Pemberian Rangsangan (Stimulation): Guru menampilkan gambar (tebak gambar) rantai makanan melalui tampilan canva. Peserta didik mengamati gambar dan menanggapi pertanyaan pemantik.
- Sintak 2: Identifikasi Masalah (Problem Statement): Guru membagi peserta didik dalam kelompok sesuai minat. Guru memberi penjelasan singkat melalui tayangan video YouTube dan PPT. Setiap kelompok diberi pertanyaan/permasalahan, melalui LKPD kelompok masing-masing.
- Sintak 3: Pengumpulan Data (Data Collection): Peserta didik mengerjakan LKPD sesuai kelompoknya untuk menyusun rantai makanan pada ekosistem yang dipilih. Peserta didik mencari informasi dari buku teks IPAS atau sumber belajar digital.
- Sintak 4: Pengolahan Data (Data Processing): Kelompok mendiskusikan dan membuat skema/mencocokkan gambar rantai makanan di kertas LKPD. Guru memfasilitasi diskusi dan memberi bimbingan.
- Sintak 5: Pembuktian (Verification): Guru mengundi siapa kelompok yang tampil duluan menggunakan wheel of names. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja di depan kelas, dan kelompok lain memberikan tanggapan. Guru memberi penguatan dan apresiasi.
- Sintak 6: Menarik Kesimpulan (Generalization): Guru bersama peserta didik menyimpulkan pengertian rantai makanan, peran produsen, konsumen, dan pengurai, serta alur energi. Guru mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Akhir (10 menit)
- Guru memberikan refleksi dan umpan balik materi.
- Guru menyampaikan informasi materi selanjutnya (Jaring-jaring Makanan).
- Menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
ASESMEN (PENILAIAN)
A. ASESMEN PADA AWAL (DIAGNOSTIK)
Asesmen diagnostik berupa pertanyaan singkat untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik terkait materi yang akan dipelajari.
B. ASESMEN PADA PROSES
- LKPD, observasi hasil presentasi.
C. ASESMEN PADA AKHIR
- Tes tertulis melalui LKPD kelompok.
D. RUBRIK PENILAIAN SIKAP (Observasi)
| Aspek yang Dinilai | Indikator | Skor 4 (Sangat Baik) | Skor 1 (Kurang) |
|---|---|---|---|
| Kerjasama | Aktif bekerja sama dalam kelompok | Selalu aktif membantu teman, ide banyak | Tidak mau bekerja sama |
| Disiplin | Ketepatan waktu dan kerapihan saat belajar | Selalu tepat waktu, rapi, disiplin | Tidak disiplin |
| Percaya diri / Peduli lingkungan | Keberanian bertanya/menjawab, Menunjukkan sikap menjaga keseimbangan ekosistem | Selalu berani bertanya & menjawab, Memberi contoh nyata & peduli | Tidak pernah berbicara, Tidak peduli sama sekali |
RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN (Tes & Tanya Jawab)
| Aspek yang Dinilai | Indikator | Skor 4 | Skor 1 |
|---|---|---|---|
| Memahami | Menjelaskan pengertian rantai makanan | Menjelaskan dengan lengkap & runtut | Tidak bisa menjelaskan |
| Menganalisis | Mengidentifikasi peran produsen, konsumen, pengurai | Menyebut semua peran dengan benar | Tidak bisa menyebutkan |
| Mengaplikasi | Menyusun rantai makanan sesuai ekosistem | Rantai makanan benar & lengkap | Tidak bisa menyusun |
Konversi Nilai
- Sangat Baik (SB): 86-100
- Baik (B): 76-85
- Cukup (C): 61-75
- Kurang (K): $\le60$
TANDA TANGAN PENGESAHAN
LINK DOWNLOAD PERANGKAT AJAR UKIN
PETUNJUK DOWNLOAD
- Klik tombol "DOWNLOAD MODUL AJAR UKIN" di bawah ini.
- Anda akan diarahkan ke folder Google Drive yang berisi file perangkat ajar (Modul Ajar, LKPD, dll.) untuk UKIN.
- Pilih file yang Anda butuhkan (PDF/DOCX) dan klik kanan, lalu pilih Download.
- File siap digunakan atau dimodifikasi sesuai kebutuhan Anda.
