Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Contoh Modul Ajar Ukin PPG Guru Tertentu 2025

Perangkat Ajar UKIN PPG Guru Tertentu
Ilustrasi guru pria mengajar di depan kelas menggunakan proyektor smart TV

Perangkat Ajar UKIN PPG Guru Tertentu

PENGERTIAN UKIN PPG GURU TERTENTU


Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) merupakan nama pelaksanaan Uji Kompetensi Pendidik mulai tahun 2024, sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 19 Tahun 2024. UKPPPG dilaksanakan dengan tujuan utama untuk mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan PPG.

Komponen UKPPPG

UKPPPG dilaksanakan dengan dua jenis ujian utama:

  1. Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK): Terdiri dari Tes Objektif (PCK dan SJT) dan Tes Subjektif (Uraian Studi Kasus Reflektif).
  2. Ujian Kinerja (UKin): Dirancang untuk menilai kompetensi peserta PPG dalam melakukan pengajaran dan pembelajaran yang efektif di kelas.

Komponen Ujian Kinerja (UKin)

Ujian Kinerja (UKin) terbagi menjadi dua komponen penilaian:

  1. Penilaian Perangkat Pembelajaran: Yaitu penilaian terhadap perangkat pembelajaran yang mendukung proses dalam praktik pembelajaran, termasuk di dalamnya Modul Ajar atau Rancangan Pembelajaran.
  2. Penilaian Video Praktik Pembelajaran: Yaitu penilaian terhadap kompetensi peserta dalam melaksanakan pembelajaran secara riil di kelas melalui video yang diunggah.

Modul Ajar di bawah ini adalah contoh dari Perangkat Pembelajaran yang menjadi salah satu dokumen wajib unggah dalam Ujian Kinerja (UKin) PPG Guru Tertentu.

MODUL AJAR IPAS KELAS 5 FASE C (Contoh Perangkat Ajar UKIN)


IDENTIFIKASI MODUL

KategoriDetail
Penyusun...
NIM...
Nama Sekolah...
Tahun Ajaran2025/2026
Fase/Kelas / SmtC/V (lima)/ 1 (satu)
Mata PelajaranIlmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
TopikRantai Makanan
Alokasi Waktu2 JP (2 x 35 menit)

A. PESERTA DIDIK

  • Pengetahuan Awal: Peserta didik mengetahui bahwa hewan saling memangsa, tetapi belum memahami sistem hubungan makanan antar makhluk hidup secara utuh.
  • Minat: Peserta didik menyukai kegiatan eksploratif seperti bermain peran sebagai hewan dalam rantai makanan atau menggambar lingkungan.
  • Latar Belakang: Peserta didik berasal dari lingkungan pedesaan yang dekat dengan sawah dan sungai, sehingga memiliki pengetahuan sederhana mengenai hubungan antar makhluk hidup.

B. DIMENSI PROFIL LULUSAN

  1. Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
  2. Kolaborasi
  3. Kreatifitas

DESAIN PEMBELAJARAN


A. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif; sistem tata surya; IPA dan kondisi geografis negara Indonesia dalam konteks ASEAN; sejarah perkembangan peradaban awal manusia; keberagaman budaya nasional yang dilandasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan; perkembangan masyarakat di masa lalu; nilai kearifan lokal serta keberlanjutan kehidupan bangsa di masa depan.

B. LINTAS DISIPLIN ILMU

  • Bahasa Indonesia: Melatih kemampuan menyampaikan pendapat lisan saat diskusi kelompok.
  • Seni Rupa: Menggambar rantai makanan di dalam suatu ekosistem.
  • Pendidikan Pancasila: Sikap tanggung jawab menjaga keseimbangan ekosistem.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Memahami: Peserta didik memahami pengertian rantai makanan dan menjelaskan peran produsen, konsumen, dan dekomposer dalam suatu ekosistem.
  2. Menganalisis: Peserta didik menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam sebuah rantai makanan dengan menggunakan gambar dan diagram.
  3. Mengaplikasi: Peserta didik mengaplikasikan pemahaman tentang rantai makanan dengan membuat rantai makanan pada suatu ekosistem sederhana.
  4. Merefleksi: Peserta didik merefleksikan pentingnya keseimbangan rantai makanan dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan sikap bertanggung jawab.

D. PRAKTIK PEDAGOGI

  • Pendekatan: Deep Learning dan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge)
  • Model: Discovery Learning
  • Metode: Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan, dan Presentasi Kelompok

KEGIATAN PEMBELAJARAN (Alokasi Waktu: 70 menit)


Kegiatan Inti (50 menit) - Model Discovery Learning

  1. Sintak 1: Pemberian Rangsangan (Stimulation): Guru menampilkan gambar (tebak gambar) rantai makanan melalui tampilan canva. Peserta didik mengamati gambar dan menanggapi pertanyaan pemantik.
  2. Sintak 2: Identifikasi Masalah (Problem Statement): Guru membagi peserta didik dalam kelompok sesuai minat. Guru memberi penjelasan singkat melalui tayangan video YouTube dan PPT. Setiap kelompok diberi pertanyaan/permasalahan, melalui LKPD kelompok masing-masing.
  3. Sintak 3: Pengumpulan Data (Data Collection): Peserta didik mengerjakan LKPD sesuai kelompoknya untuk menyusun rantai makanan pada ekosistem yang dipilih. Peserta didik mencari informasi dari buku teks IPAS atau sumber belajar digital.
  4. Sintak 4: Pengolahan Data (Data Processing): Kelompok mendiskusikan dan membuat skema/mencocokkan gambar rantai makanan di kertas LKPD. Guru memfasilitasi diskusi dan memberi bimbingan.
  5. Sintak 5: Pembuktian (Verification): Guru mengundi siapa kelompok yang tampil duluan menggunakan wheel of names. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja di depan kelas, dan kelompok lain memberikan tanggapan. Guru memberi penguatan dan apresiasi.
  6. Sintak 6: Menarik Kesimpulan (Generalization): Guru bersama peserta didik menyimpulkan pengertian rantai makanan, peran produsen, konsumen, dan pengurai, serta alur energi. Guru mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Akhir (10 menit)

  • Guru memberikan refleksi dan umpan balik materi.
  • Guru menyampaikan informasi materi selanjutnya (Jaring-jaring Makanan).
  • Menutup pembelajaran dengan doa dan salam.

ASESMEN (PENILAIAN)


A. ASESMEN PADA AWAL (DIAGNOSTIK)

Asesmen diagnostik berupa pertanyaan singkat untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik terkait materi yang akan dipelajari.

B. ASESMEN PADA PROSES

  • LKPD, observasi hasil presentasi.

C. ASESMEN PADA AKHIR

  • Tes tertulis melalui LKPD kelompok.

D. RUBRIK PENILAIAN SIKAP (Observasi)

Aspek yang DinilaiIndikatorSkor 4 (Sangat Baik)Skor 1 (Kurang)
KerjasamaAktif bekerja sama dalam kelompokSelalu aktif membantu teman, ide banyakTidak mau bekerja sama
DisiplinKetepatan waktu dan kerapihan saat belajarSelalu tepat waktu, rapi, disiplinTidak disiplin
Percaya diri / Peduli lingkunganKeberanian bertanya/menjawab, Menunjukkan sikap menjaga keseimbangan ekosistemSelalu berani bertanya & menjawab, Memberi contoh nyata & peduliTidak pernah berbicara, Tidak peduli sama sekali

RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN (Tes & Tanya Jawab)

Aspek yang DinilaiIndikatorSkor 4Skor 1
MemahamiMenjelaskan pengertian rantai makananMenjelaskan dengan lengkap & runtutTidak bisa menjelaskan
MenganalisisMengidentifikasi peran produsen, konsumen, penguraiMenyebut semua peran dengan benarTidak bisa menyebutkan
MengaplikasiMenyusun rantai makanan sesuai ekosistemRantai makanan benar & lengkapTidak bisa menyusun

Konversi Nilai

  • Sangat Baik (SB): 86-100
  • Baik (B): 76-85
  • Cukup (C): 61-75
  • Kurang (K): $\le60$

TANDA TANGAN PENGESAHAN

LINK DOWNLOAD PERANGKAT AJAR UKIN

PETUNJUK DOWNLOAD

  1. Klik tombol "DOWNLOAD MODUL AJAR UKIN" di bawah ini.
  2. Anda akan diarahkan ke folder Google Drive yang berisi file perangkat ajar (Modul Ajar, LKPD, dll.) untuk UKIN.
  3. Pilih file yang Anda butuhkan (PDF/DOCX) dan klik kanan, lalu pilih Download.
  4. File siap digunakan atau dimodifikasi sesuai kebutuhan Anda.
DOWNLOAD MODUL AJAR UKIN