Contoh Modul Ajar Ukin PPG Guru Tertentu Jurusan PGSD

MODUL AJAR IPAS

Wujud Zat dan Perubahannya

INFORMASI UMUM

Komponen Keterangan
Penyusun ...
Instansi ...
Tahun Penyusunan ...
Jenjang Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)
Fase / Kelas B / 4
BAB 2 - Wujud Zat dan Perubahannya
Topik B. Memangnya Wujud Materi Seperti Apa?
Alokasi Waktu 2 JP (2 × 35 menit = 70 menit)

A. KOMPETENSI AWAL

Peserta didik diharapkan telah memiliki pemahaman dasar tentang:

  • Mengenal berbagai benda di sekitar
  • Membedakan benda berdasarkan ciri fisik sederhana
  • Mengamati benda-benda dalam kehidupan sehari-hari

B. DIMENSI PROFIL LULUSAN

Dimensi profil lulusan adalah delapan aspek kompetensi yang dirancang untuk memastikan lulusan tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki karakter, etika, dan keterampilan hidup yang relevan. Dalam pembelajaran ini, dimensi yang dikembangkan adalah:

  • Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME: Mensyukuri ciptaan Tuhan berupa berbagai wujud materi di alam semesta
  • Penalaran Kritis: Mengidentifikasi, menganalisis, dan membandingkan perbedaan karakteristik wujud zat berdasarkan pengamatan
  • Kreativitas: Mengeksplorasi cara-cara inovatif dalam mengamati dan mengklasifikasikan wujud zat
  • Kolaborasi: Bekerja sama dalam kelompok untuk melakukan pengamatan dan diskusi
  • Kemandirian: Melakukan observasi dan eksplorasi secara aktif dan bertanggung jawab
  • Komunikasi: Menyampaikan hasil pengamatan dan temuan kepada teman dan guru dengan jelas

C. SARANA DAN PRASARANA

Alat dan Bahan:

  • Air dalam gelas
  • Es batu
  • Balon udara
  • Batu kerikil/pasir
  • Wadah/toples berbagai ukuran
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
  • Spidol/krayon warna

D. TARGET PESERTA DIDIK

  • Peserta didik reguler/tipikal
  • Dapat disesuaikan untuk peserta didik dengan kebutuhan khusus

E. MODEL PEMBELAJARAN

Model: Problem Based Learning (PBL)

Pendekatan: TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge)

Metode Pembelajaran:

  • Diskusi
  • Tanya Jawab
  • Penugasan
  • Ceramah

F. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tiga wujud zat (padat, cair, gas) berdasarkan pengamatan langsung dan mengidentifikasi contoh masing-masing wujud dalam kehidupan sehari-hari.


G. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik dapat:

  1. Mengidentifikasi tiga wujud zat (padat, cair, gas)
  2. Menjelaskan ciri-ciri setiap wujud zat berdasarkan pengamatan
  3. Memberikan contoh benda-benda dengan wujud zat yang berbeda
  4. Mengklasifikasikan benda di sekitar berdasarkan wujud zatnya

H. PEMAHAMAN BERMAKNA

Peserta didik memahami bahwa semua materi di sekitar kita memiliki wujud tertentu (padat, cair, atau gas) dengan karakteristik yang berbeda, dan pemahaman ini penting untuk memahami fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari.


I. PERTANYAAN PEMANTIK

  1. "Mengapa air bisa dituang tetapi batu tidak bisa?"
  2. "Apa yang terjadi jika kita memegang es batu?"
  3. "Bisakah kalian melihat udara? Bagaimana cara membuktikan udara ada?"
  4. "Mengapa balon bisa mengembang saat ditiup?"

J. KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERSIAPAN (5 menit)

  • Guru menyiapkan alat dan bahan
  • Guru membagi peserta didik dalam kelompok kecil (4-5 orang)

TAHAP 1: PENDAHULUAN (10 menit)

Orientasi & Apersepsi:

  • Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik
  • Guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan tiga benda: batu, air dalam gelas, dan balon berisi udara
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah kegiatan
  • Metode: Ceramah dan Tanya Jawab

TAHAP 2: KEGIATAN INTI (45 menit)

SINTAK 1: Orientasi Peserta Didik pada Masalah (10 menit)

Aktivitas: Pemberian Masalah Kontekstual

Guru menyajikan masalah:

"Ibu ingin menyimpan air, udara, dan pasir. Mengapa air harus disimpan dalam botol tertutup, pasir bisa disimpan dalam karung, tetapi udara sangat sulit disimpan? Apa yang membuat ketiga benda ini berbeda?"

Kegiatan Peserta Didik:

  • Peserta didik mengamati tiga benda yang ditunjukkan guru (batu/pasir, air, balon berisi udara)
  • Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait perbedaan ketiga benda tersebut
  • Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan peserta didik di papan tulis
  • Metode: Ceramah, Tanya Jawab

SINTAK 2: Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (5 menit)

Aktivitas: Pembagian Tugas Kelompok

Kegiatan Guru:

  • Membagi peserta didik ke dalam kelompok (4-5 orang)
  • Membagikan LKPD dan alat-alat praktikum (batu/kerikil, air dalam wadah, balon)
  • Menjelaskan tugas setiap kelompok: mengamati dan mencatat karakteristik setiap benda

Kegiatan Peserta Didik:

  • Berkumpul dengan kelompoknya
  • Menerima LKPD dan alat praktikum
  • Membagi tugas dalam kelompok (pengamat, pencatat, juru bicara)
  • Metode: Penugasan, Ceramah

SINTAK 3: Membimbing Penyelidikan Individual/Kelompok (15 menit)

Aktivitas: Eksperimen dan Pengumpulan Data

Kegiatan Peserta Didik:

  • Eksperimen 1 - Mengamati Benda Padat: Memegang dan meraba batu/kerikil, memindahkan batu ke wadah berbeda, mencatat.
  • Eksperimen 2 - Mengamati Benda Cair: Menuangkan air dari gelas ke wadah berbeda bentuk, mengamati perubahan, mencatat.
  • Eksperimen 3 - Mengamati Benda Gas: Meniup balon dan merasakan udara, melepaskan udara dari balon, mencatat.

Panduan Pengamatan dalam LKPD: Bagaimana bentuk benda? Apakah benda bisa dipegang dan dilihat? Apakah bentuk benda berubah saat dipindahkan? Apakah volume benda berubah?

Kegiatan Guru: Membimbing setiap kelompok, mengajukan pertanyaan arahan, memastikan keterlibatan aktif. Metode: Penugasan, Diskusi, Tanya Jawab

SINTAK 4: Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit)

Aktivitas: Presentasi dan Diskusi Kelas

  • Setiap kelompok menyelesaikan LKPD berdasarkan hasil pengamatan
  • Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas
  • Kelompok lain memberikan tanggapan dan pertanyaan
  • Kegiatan Guru: Memfasilitasi presentasi, memberikan kesempatan bertanya, mencatat poin penting. Metode: Diskusi, Tanya Jawab

SINTAK 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (5 menit)

Aktivitas: Konfirmasi dan Penguatan Konsep

Kesimpulan yang Dibimbing:

  • WUJUD PADAT: Bentuk tetap, Volume tetap, Dapat dipegang dan dilihat. Contoh: batu, kayu, pensil, buku.
  • WUJUD CAIR: Bentuk mengikuti wadah, Volume tetap, Dapat mengalir. Contoh: air, minyak, susu, sirup.
  • WUJUD GAS: Bentuk mengikuti wadah, Volume dapat berubah (menyebar), Tidak dapat dilihat (kebanyakan), Dapat dirasakan. Contoh: udara, uap air, gas LPG.

Menjawab Masalah Awal: Air harus disimpan dalam wadah tertutup karena berbentuk cair dan bisa tumpah. Pasir bisa disimpan dalam karung karena berbentuk padat. Udara sulit disimpan karena berbentuk gas yang menyebar ke mana-mana.

Metode: Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah

TAHAP 3: PENUTUP (10 menit)

Refleksi & Evaluasi: Tanya Jawab Interaktif tentang contoh benda padat/cair/gas dan perbedaan utamanya.

Kesimpulan: Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran: Materi memiliki 3 wujud (padat, cair, gas), setiap wujud memiliki karakteristik yang berbeda, dan pemahaman ini penting.

Penugasan: Peserta didik diminta mencari 5 contoh setiap wujud zat di rumah, menggambarnya, dan menjelaskan ciri-cirinya.

Refleksi Diri: "Apa yang sudah kamu pelajari hari ini?" "Apa yang masih belum kamu pahami?"

Penutup: Guru memberikan apresiasi dan penguatan positif, menyampaikan preview materi selanjutnya, ditutup dengan doa dan salam. Metode: Tanya Jawab, Penugasan, Ceramah


K. ASESMEN

  1. Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran): Observasi aktivitas siswa, Penilaian diskusi kelompok, Pertanyaan lisan.
  2. Asesmen Sumatif:
    1. Tes Tertulis (Pilihan Ganda & Uraian)
      • **Pilihan Ganda:** Benda yang bentuknya tetap... adalah wujud... (**Padat**); Air yang dituangkan dari botol ke gelas akan... (**Bentuknya berubah mengikuti wadah**)
      • **Uraian:** Sebutkan 3 perbedaan antara wujud padat dan cair! Berikan masing-masing 3 contoh benda padat, cair, dan gas!
    2. Asesmen Kinerja: Rubrik penilaian observasi dan eksperimen (Ketepatan mengidentifikasi, Kemampuan menjelaskan ciri-ciri, Partisipasi, Kreativitas).
    3. Asesmen Portofolio: LKPD hasil pengamatan, Tugas menggambar contoh wujud zat di rumah.

L. PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan: Peserta didik yang sudah mencapai kompetensi dapat mengeksplorasi perubahan wujud zat sederhana (es mencair), membuat poster, atau membaca buku tentang materi lebih lanjut.

Remedial: Peserta didik yang belum mencapai kompetensi diberikan pendampingan individual, pengulangan eksperimen dengan panduan lebih detail, atau tugas tambahan dengan contoh konkret.


M. REFLEKSI GURU

Setelah pembelajaran, guru merefleksikan:

  • Apakah tujuan pembelajaran tercapai?
  • Kendala apa yang dihadapi?
  • Apa yang perlu diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?
  • Bagaimana respons dan antusiasme peserta didik?

N. LAMPIRAN

  • Lampiran 1: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
  • Lampiran 2: Instrumen Penilaian
  • Lampiran 3: Bahan Ajar Pendukung
  • Lampiran 4: Media Pembelajaran

O. DAFTAR PUSTAKA

  • Kemendikbudristek. (2022). Buku Siswa IPAS Kelas IV SD. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
  • Kemendikbudristek. (2022). Buku Guru IPAS Kelas IV SD. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
  • Kurikulum Merdeka - Capaian Pembelajaran IPAS Fase B.