Perangkat Ajar Deep Learning Matematika Kelas 5
Rasional Mata Pelajaran Matematika
Matematika merupakan ilmu atau pengetahuan tentang belajar atau berpikir **logis** yang sangat dibutuhkan manusia untuk hidup. Kemampuan **numerasi** yang baik akan mendukung peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif, dan mandiri dalam menghadapi tantangan di kehidupan nyata. Pembelajaran matematika di Fase C melanjutkan pengembangan pemahaman bilangan, operasi hitung, geometri, dan analisis data dari fase sebelumnya ke tingkat yang **lebih kompleks dan formal**. Peserta didik diajak untuk **bernalar**, mengaitkan konsep, dan memecahkan masalah yang lebih menantang, mempersiapkan mereka untuk fase selanjutnya.
Tujuan Mata Pelajaran Matematika
Mata pelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik dapat:
- Memahami konsep bilangan dan operasi hitung serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
- Mengenali dan memahami berbagai bentuk bangun datar dan ruang serta sifat-sifatnya.
- Menggunakan pengukuran untuk membandingkan dan mengestimasi besaran.
- Mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis data untuk mengambil kesimpulan.
- Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.
Karakteristik Mata Pelajaran Matematika
Pembelajaran Matematika di Fase C mencakup lima elemen konten yang saling terkait:
- Bilangan: Fokus pada pemahaman bilangan cacah, pecahan, dan desimal, serta operasi hitungnya.
- Aljabar: Pengenalan pola bilangan dan kalimat matematika sederhana.
- Pengukuran: Melibatkan konsep keliling, luas, volume, sudut, dan durasi waktu.
- Geometri: Membandingkan sifat-sifat bangun datar dan ruang.
- Analisis Data dan Peluang: Mengolah dan menyajikan data dalam berbagai bentuk representasi.
Capaian Pembelajaran Fase C Berdasarkan Elemen
Elemen | Capaian Pembelajaran |
---|---|
Bilangan | Pada akhir Fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai dengan 1.000.000. Mereka dapat melakukan operasi aritmetika pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal dan mengubah pecahan menjadi desimal. Mereka dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB dan masalah yang berkaitan dengan uang. |
Aljabar | Pada akhir Fase C, peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan operasi aritmetika pada bilangan cacah sampai 1000. Mereka dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar yang melibatkan perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar secara proporsional dan menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio dan atau yang terkait dengan proporsi. |
Pengukuran | Pada akhir Fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas daerah beberapa bentuk bangun datar dan gabungannya. Mereka dapat mengonstruksi dan mengurai beberapa bangun ruang dan gabungannya, serta mengenali visualisasi spasial. |
Geometri | Pada akhir Fase C, peserta didik dapat membandingkan karakteristik antarbangun datar dan antarbangun ruang. Mereka dapat menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak. |
Analisis Data dan Peluang | Pada akhir Fase C, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk beberapa visualisasi dan dalam tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. Mereka dapat menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu percobaan acak. |
Download Perangkat Ajar Matematika Kelas 5 (Fase C)
Gunakan tombol di bawah ini untuk mengakses kumpulan perangkat ajar lengkap Matematika Kelas 5 (Fase C) Kurikulum Merdeka yang berbasis pendekatan Deep Learning.