Perangkat Ajar Deep Learning Pendidikan Pancasila Kelas 5

Rasional Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila merupakan wahana untuk mengembangkan dan melestarikan **nilai-nilai luhur dan moral** yang berakar pada budaya bangsa Indonesia. Mata pelajaran ini bertujuan membentuk peserta didik menjadi **warga negara yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia**, serta memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air yang dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila. Pembelajaran berorientasi pada penumbuhkembangan **karakter** peserta didik secara terpadu, mencakup harmonisasi olah hati (sikap), olah pikir (pengetahuan), olah rasa (keterampilan afektif), dan olahraga (keterampilan psikomotorik) sebagai warga negara yang **baik** (good citizen) dan **cerdas** (smart citizen).

Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila bertujuan untuk:

  1. Membentuk peserta didik yang memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Membentuk peserta didik yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia.
  3. Membentuk peserta didik yang memahami Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan ideologi negara.
  4. Membentuk peserta didik yang memiliki rasa bangga dan cinta terhadap tanah air serta mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
  5. Membentuk peserta didik yang mampu berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan kolaboratif (gotong royong).

Karakteristik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada Fase C menekankan pada:

  • Kontekstualisasi: Menghubungkan nilai-nilai Pancasila dengan pengalaman dan lingkungan terdekat peserta didik.
  • Pembelajaran Aktif: Melibatkan peserta didik secara langsung melalui proyek, simulasi, diskusi, dan permainan.
  • Penguatan Karakter: Berfokus pada pembentukan Profil Pelajar Pancasila secara holistik.
  • Literasi Digital: Menggunakan teknologi secara bijak untuk mencari informasi dan membuat karya.

Capaian Pembelajaran Fase C Berdasarkan Elemen

Elemen Capaian Pembelajaran
Pancasila Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila, meneladani sikap para perumus Pancasila, menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara, serta menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan masyarakat.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan warga negara. Peserta didik juga mampu melaksanakan praktik musyawarah untuk membuat kesepakatan dan aturan bersama, serta menerapkannya dalam lingkungan keluarga dan sekolah.
Bhinneka Tunggal Ika Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Peserta didik mampu mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta menunjukkan perilaku gotong royong untuk menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.

Download Perangkat Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 5 (Fase C)

Gunakan tombol di bawah ini untuk mengakses kumpulan perangkat ajar lengkap Pendidikan Pancasila Kelas 5 (Fase C) Kurikulum Merdeka yang berbasis pendekatan Deep Learning.