Download Perangkat Ajar Deep Learning Prakarya Kelas 12
🌿 Budidaya
RASIONAL
Aspek budi daya melatih siswa menggunakan kepekaan terhadap lingkungan dengan mengkonservasi dan memperbanyak sumber daya hayati secara berkelanjutan. Pendekatan Deep Learning dalam Prakarya Budidaya membuka kesempatan bagi siswa untuk merespon kebutuhan masyarakat akan produk budidaya yang aman, berkelanjutan, dan bernilai ekonomis.
KARAKTERISTIK DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F
Mengembangkan kompetensi merencanakan dan menghasilkan produk budi daya yang aman dan berkelanjutan. Pada akhir Fase F, siswa mampu menganalisis peluang usaha, menyusun rencana, mengembangkan sistem produksi budi daya, memasarkan produk, dan melakukan evaluasi untuk perbaikan berkelanjutan.
Elemen | Capaian Pembelajaran Fase F |
---|---|
Observasi & Eksplorasi | Mampu menganalisis potensi internal dan eksternal, serta peluang usaha produk budi daya. |
Desain / Perencanaan | Mampu menyusun rencana usaha dalam bentuk proposal sederhana berdasarkan kajian ilmiah dan analisis kebutuhan pasar. |
Produksi | Mampu menyusun strategi produksi, mengendalikan mutu, mengemas, memasarkan, dan memberikan layanan pelanggan. |
Refleksi & Evaluasi | Mampu menganalisis hasil refleksi, mengevaluasi produk dan proses, serta melakukan perbaikan secara berkelanjutan. |
Unduh Perangkat Ajar Budidaya
Download Budidaya🏺 Kerajinan
RASIONAL
Aspek kerajinan mengacu pada konsep hasta karya Ki Hajar Dewantara, yaitu mengembangkan cipta, rasa, dan karsa. Pendekatan Deep Learning dalam Prakarya Kerajinan diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap diri dan lingkungan, menuju keseimbangan antara alam (nature) dan budaya (culture) dengan merespon kebutuhan masyarakat akan produk kerajinan yang estetik dan bernilai ekonomis.
KARAKTERISTIK DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F
Mengembangkan kompetensi merencanakan dan menghasilkan produk kerajinan secara kontekstual dan estetik. Pada akhir Fase F, siswa mampu menganalisis peluang usaha, menyusun rencana, membuat prototipe, memproduksi, mengemas, dan memasarkan produk kerajinan, serta melakukan evaluasi.
Elemen | Capaian Pembelajaran Fase F |
---|---|
Observasi & Eksplorasi | Mampu menganalisis peluang usaha produk kerajinan berdasarkan kajian kebutuhan pasar dan kesiapan sumber daya. |
Desain / Perencanaan | Mampu menyusun rencana produk dan desain dalam bentuk proposal usaha, serta proses kerja pembuatan prototipe. |
Produksi | Mampu membuat produk kerajinan sesuai spesifikasi, melakukan pengemasan, dan memasarkan produk. |
Refleksi & Evaluasi | Mampu menganalisis hasil refleksi, mengevaluasi proses dan produk, serta melakukan perbaikan berkelanjutan. |
Unduh Perangkat Ajar Kerajinan
Download Kerajinan🍲 Pengolahan
RASIONAL
Aspek pengolahan melatih kepekaan mengidentifikasi produk olahan sesuai potensi daerah dan kearifan lokal menjadi peluang usaha. Pendekatan Deep Learning dalam Prakarya Pengolahan mendorong siswa untuk kreatif dalam menyusun rencana, membuat, dan mengembangkan produk olahan yang dapat diterima pasar.
KARAKTERISTIK DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F
Mengembangkan kompetensi menghasilkan produk olahan pangan dan nonpangan yang aman dan berkelanjutan. Pada akhir Fase F, siswa mampu menganalisis peluang usaha, menyusun rencana, membuat produk olahan sesuai persyaratan teknis dan ekonomis, memasarkan, dan melakukan evaluasi.
Elemen | Capaian Pembelajaran Fase F |
---|---|
Observasi & Eksplorasi | Mampu menganalisis peluang usaha produk olahan pangan atau nonpangan berdasarkan kajian kebutuhan pasar. |
Desain / Perencanaan | Mampu menyusun rencana, desain, dan proposal usaha, serta proses kerja pembuatan prototipe produk olahan. |
Produksi | Mampu membuat produk olahan pangan dan nonpangan sesuai spesifikasi, mengemas, dan memasarkan produk. |
Refleksi & Evaluasi | Mampu menganalisis hasil refleksi, mengevaluasi proses dan produk, serta melakukan perbaikan berkelanjutan. |
Unduh Perangkat Ajar Pengolahan
Download Pengolahan⚙️ Rekayasa
RASIONAL
Aspek rekayasa mengembangkan keterampilan siswa melalui kepekaan terhadap lingkungan, ide, dan kreativitas untuk berkembang secara mandiri dan ekonomis. Pendekatan Deep Learning dalam Prakarya Rekayasa mendorong siswa untuk menciptakan produk rekayasa yang inovatif dan fungsional sebagai respon atas kebutuhan masyarakat.
KARAKTERISTIK DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F
Mengembangkan kompetensi merencanakan dan menciptakan produk rekayasa yang kontekstual, fungsional, dan ergonomis. Pada akhir Fase F, siswa mampu menganalisis peluang usaha, menyusun rencana dan desain, merekayasa produk teknologi terapan, mempublikasikan produk, serta melakukan evaluasi.
Elemen | Capaian Pembelajaran Fase F |
---|---|
Observasi & Eksplorasi | Mampu menganalisis peluang usaha melalui kajian berbasis masalah aktual dan kesiapan sumber daya produk rekayasa. |
Desain / Perencanaan | Mampu menyusun rencana produk dan desain dalam bentuk proposal usaha, serta proses kerja pembuatan prototipe. |
Produksi | Mampu menciptakan produk rekayasa teknologi terapan sesuai spesifikasi, mempresentasikan, dan mempublikasikan produk. |
Refleksi & Evaluasi | Mampu menganalisis hasil refleksi, mengevaluasi proses dan produk, serta melakukan perbaikan produk secara berkelanjutan. |