Perangkat Ajar Deep Learning Pendidikan Pancasila Kelas 4
Rasional Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
Pendidikan Pancasila merupakan wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia. Mata pelajaran ini bertujuan membentuk peserta didik menjadi warga negara yang cerdas, bertanggung jawab, dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Melalui Pendidikan Pancasila, peserta didik diajak untuk memahami hak dan kewajibannya, menghargai keberagaman, mencintai tanah air, serta berkontribusi aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila bertujuan untuk memastikan peserta didik mampu:
- Memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Memahami Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa.
- Memahami dan melaksanakan norma serta aturan yang berlaku di lingkungannya.
- Menghargai keberagaman suku, agama, ras, dan budaya sebagai kekayaan bangsa.
- Menunjukkan rasa cinta dan bangga sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Mengembangkan kemampuan bernalar kritis, mandiri, kreatif, dan bergotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
Karakteristik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
Pendidikan Pancasila pada Fase B (Kelas 4) menekankan pada penerapan nilai-nilai Pancasila dalam konteks yang paling dekat dengan kehidupan peserta didik. Pembelajaran bersifat konkret, kontekstual, dan interaktif. Empat elemen utama menjadi fokus, yaitu:
- Pancasila: Pengenalan makna dan penerapan nilai-nilai setiap sila dalam kehidupan sehari-hari serta meneladani karakter baik para perumus Pancasila.
- Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945: Pemahaman dan pelaksanaan aturan, hak, serta kewajiban di lingkungan sekolah dan tempat tinggal.
- Bhinneka Tunggal Ika: Pengenalan, penghargaan, dan sikap positif terhadap keberagaman identitas diri dan teman-temannya di lingkungan sekitar.
- Negara Kesatuan Republik Indonesia: Pemahaman mengenai lingkungan sekitar (desa/kelurahan, kecamatan) sebagai bagian tak terpisahkan dari NKRI serta menunjukkan sikap kerja sama dalam keberagaman.
Capaian Pembelajaran Fase B Berdasarkan Elemen
Elemen | Capaian Pembelajaran |
---|---|
Pancasila | Peserta didik mampu menunjukkan, mengidentifikasi, dan mempraktikkan makna sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Peserta didik mampu mengenal dan meneladani karakter para perumus Pancasila. Peserta didik mampu menunjukkan sikap bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. |
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | Peserta didik mampu mengidentifikasi dan melaksanakan aturan di sekolah dan lingkungan tempat tinggal. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. |
Bhinneka Tunggal Ika | Peserta didik mampu membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, serta agama dan kepercayaannya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. |
Negara Kesatuan Republik Indonesia | Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peserta didik mampu menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah. |
Unduh Perangkat Ajar Lengkap
Silakan unduh Perangkat Ajar Deep Learning Pendidikan Pancasila untuk Kelas 4 melalui tautan di bawah ini.
Download Disini