Perangkat Ajar Deep Learning Seni Budaya Kelas 4

Rasional Mata Pelajaran Seni Rupa

Seni Rupa adalah disiplin yang memungkinkan peserta didik untuk mengolah rasa, karsa, dan daya cipta untuk menghasilkan karya yang bernilai estetis. Melalui pembelajaran Seni Rupa, peserta didik didorong untuk mengembangkan kreativitas, kepekaan terhadap lingkungan, serta kemampuan berpikir kritis dalam mengapresiasi dan menciptakan karya. Pembelajaran ini tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan seniman, tetapi untuk membentuk individu yang mampu berpikir dan bekerja secara artistik—kreatif, orisinal, dan mampu mengekspresikan gagasan—sebagai bekal untuk kehidupannya.

Pada Fase B, peserta didik mulai beralih dari gambar yang bersifat imajinatif murni ke arah karya yang didasari oleh pengamatan terhadap dunia nyata. Mereka belajar mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain secara lebih sadar untuk menciptakan karya yang lebih terstruktur. Pembelajaran difokuskan pada pengalaman langsung melalui proses mengamati, mencoba, merefleksikan, dan menciptakan. Dengan mengangkat konteks lingkungan dan kearifan lokal, Seni Rupa juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kesadaran bahwa setiap karya yang diciptakan dapat membawa dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain, sejalan dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.

Tujuan Mata Pelajaran Seni Rupa

Mata pelajaran Seni Rupa bertujuan agar peserta didik mampu:

  • Mengalami, menciptakan, dan merefleksikan pengalaman estetik melalui karya seni rupa.
  • Menggunakan dan menguasai unsur-unsur rupa serta prinsip desain untuk menghasilkan karya yang artistik.
  • Mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis dalam proses penciptaan karya.
  • Mengapresiasi keragaman budaya dan kearifan lokal sebagai sumber inspirasi berkarya.
  • Menciptakan karya yang dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri, lingkungan, dan masyarakat.

Karakteristik Mata Pelajaran Seni Rupa

Pembelajaran Seni Rupa pada Fase B menekankan pada pendekatan deep learning yang berpusat pada peserta didik, di mana proses belajar bersifat menyenangkan, bermakna, dan penuh kesadaran. Proses ini dilakukan melalui berbagai aktivitas seperti menggambar, membentuk, mengonstruksi, dan menanggapi karya. Pembelajaran mendorong kolaborasi, eksperimen, dan keberanian dalam berekspresi, serta merayakan keunikan setiap individu.

Capaian Pembelajaran Fase B (Umumnya Kelas III dan IV)

Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari.

Elemen Capaian Pembelajaran
Mengalami Pada akhir fase B, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman dua atau lebih unsur rupa dan satu prinsip desain.
Menciptakan Pada akhir fase B, peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan unsur garis, warna, bentuk, dan bangun. Peserta didik menerapkan prinsip keseimbangan dalam menyusun unsur-unsur rupa yang digunakan.
Merefleksikan Pada akhir fase B, peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari.
Berpikir dan Bekerja Artistik Pada akhir fase B, peserta didik menerapkan pengalamannya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu mengenali karakteristik khusus suatu alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar, kemudian secara mandiri menggunakan alat dan bahan tersebut.
Berdampak Peserta didik memberikan respon terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya dan lingkungan terkecilnya.

Unduh Perangkat Ajar Lengkap

Silakan unduh Perangkat Ajar Deep Learning Seni Budaya untuk Kelas 4 melalui tautan di bawah ini.

Download Disini