Download Perangkat Ajar Deep Learning Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 12
RASIONAL
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) adalah pendidikan yang membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan siswa dalam mengamalkan ajaran Islam sebagai perwujudan iman, Islam, dan ihsan. PAI diarahkan untuk menyiapkan siswa agar memiliki pemahaman dan menerapkan dasar-dasar agama dalam kehidupan sehari-hari, meliputi kecenderungan pada kebaikan (al-ḥanīfiyyah), akhlak mulia (makārim al-akhlāq), toleransi (al-samḥah), dan kasih sayang untuk alam semesta (raḥmat li al-ālamīn). Dengan pendekatan Deep Learning, PAI menjadi pedoman bagi siswa untuk menghadapi tantangan zaman dan mengoptimalkan potensi dirinya, serta menguatkan terbentuknya Profil Pelajar Pancasila.
TUJUAN
Mata pelajaran PAI bertujuan membimbing peserta didik agar:
- Beriman, bertakwa kepada Allah Swt., dan berakhlak mulia.
- Memahami dengan baik prinsip-prinsip agama Islam terkait akidah, syariat, dan akhlak mulia.
- Mampu menerapkan prinsip Islam dalam berpikir dan mengambil keputusan.
- Mampu bernalar kritis dalam menganalisis perbedaan pendapat sehingga berperilaku moderat (wasaṭiyyah).
- Menyayangi lingkungan alam dan menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai khalifah.
- Menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan untuk menguatkan persaudaraan.
KARAKTERISTIK
Mata pelajaran PAI bertujuan membangun siswa menjadi hamba Allah Swt. yang berakhlak mulia berdasarkan pemahaman yang benar dari bangunan ilmu yang terdiri atas Al-Qur’an Hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah peradaban Islam.
Elemen | Deskripsi |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Menekankan pemahaman Al-Qur’an dan hadis secara tekstual dan kontekstual yang teraktualisasikan sebagai nilai kehidupan. |
Akidah | Berkaitan dengan prinsip keyakinan yang mengantarkan siswa memahami rukun iman, yang menjadi landasan dalam beramal saleh dan berakhlak mulia. |
Akhlak | Merupakan buah dari iman dan ilmu, menjadi ukuran kesempurnaan manusia. Mendorong siswa untuk melatih diri (riyāḍah) dan mengendalikan diri (mujāhadah). |
Fikih | Merupakan interpretasi atas syariat yang memberikan pemahaman tentang hukum yang berkaitan dengan perbuatan mukalaf (ḥabl min Allāh dan ḥabl min al-nās). |
Sejarah Peradaban Islam | Menekankan pada kemampuan memahami sejarah untuk menjadi ibrah, teladan, dan inspirasi dalam membangun peradaban. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F
Pada akhir Fase F, siswa mampu memahami ayat Al-Qur’an dan hadis, cabang iman (syu‘ab al-īmān), keterkaitan iman, Islam, dan ihsan, manfaat menghindari penyakit sosial, adab bermasyarakat, ketentuan dakwah, muamalah, hukum keluarga, serta peran tokoh dan organisasi Islam.
Elemen | Capaian Pembelajaran |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Peserta didik memahami ayat Al-Qur’an dan hadis tentang pentingnya berpikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, memelihara kehidupan manusia, dan moderasi beragama. |
Akidah | Peserta didik memahami beberapa cabang iman (syu‘ab al-īmān), keterkaitan antara iman, Islam, dan ihsan. |
Akhlak | Peserta didik memahami manfaat menghindari penyakit sosial; Memahami adab bermasyarakat dan etika digital dalam Islam. |
Fikih | Peserta didik memahami ketentuan khotbah, tablig dan dakwah, muamalah, munakahat, dan mawāris. |
Sejarah Peradaban Islam | Peserta didik memahami peran tokoh ulama dalam perkembangan peradaban Islam di dunia dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia. |
Unduh Perangkat Ajar PAI Deep Learning Kelas 12
Dapatkan semua komponen perangkat ajar lengkap melalui tautan di bawah ini:
Download Disini