Download Perangkat Ajar Deep Learning Kimia Kelas 12
RASIONAL
Kimia adalah kajian tentang interaksi, struktur, dan sifat berbagai bahan serta perubahannya. Pemahaman kimia digunakan untuk beradaptasi dan berinovasi guna memenuhi kebutuhan ekonomi, lingkungan, dan sosial, termasuk mengatasi tantangan perubahan iklim. Pendekatan Deep Learning dalam Kimia melatih siswa untuk melakukan penelitian sederhana, membangun pengetahuan melalui penemuan masalah, merancang percobaan, hingga mengomunikasikan hasil. Hal ini akan membangun kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah di dunia nyata dan mempersiapkan karir masa depan.
TUJUAN
Dengan mempelajari ilmu kimia, peserta didik dapat:
- Membentuk sikap religius dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam.
- Memupuk integritas, kejujuran, tanggung jawab, serta berkebinekaan global.
- Mengembangkan keahlian dalam investigasi ilmiah secara mandiri maupun kolaboratif.
- Mengkomunikasikan hasil investigasi secara lisan dan tulisan yang sistematis.
- Mengembangkan kemampuan beradaptasi dan berinovasi untuk teknologi terapan.
- Memupuk kemampuan berpikir kritis untuk menganalisis isu ilmiah sehari-hari.
- Memiliki pikiran terbuka untuk menerima pendapat orang lain dalam diskusi.
KARAKTERISTIK
Kimia mempelajari materi, sifat-sifatnya, dan energi yang menyertai perubahannya. Pada Fase F, materi kimia dipelajari lebih mendalam melalui konsep perhitungan kimia, laju reaksi, kesetimbangan, termokimia, elektrokimia, dan kimia organik. Pembelajarannya mengintegrasikan dua elemen secara utuh.
Elemen | Deskripsi |
---|---|
Pemahaman Kimia | Mencakup pemahaman mengenai perhitungan kimia, sifat, struktur dan interaksi partikel; laju reaksi dan kesetimbangan kimia; konsep larutan; termokimia dan elektrokimia; serta kimia organik. |
Keterampilan Proses | Keterampilan inkuiri sains yang meliputi mengamati; mempertanyakan dan memprediksi; merencanakan dan melakukan penyelidikan; memproses, menganalisis data dan informasi; mengevaluasi dan refleksi; serta mengomunikasikan hasil. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F
Pada akhir Fase F, peserta didik mampu memahami perhitungan kimia, sifat dan struktur partikel, laju reaksi, kesetimbangan, konsep larutan, termokimia, elektrokimia, dan kimia organik. Konsep-konsep tersebut memungkinkan peserta didik untuk menerapkan dan mengembangkan keterampilan inkuiri sains mereka.
Elemen | Capaian Pembelajaran |
---|---|
Pemahaman Kimia | Peserta didik mampu memahami konsep mol dan stoikiometri; ikatan kimia; teori tumbukan sebagai dasar laju reaksi; kesetimbangan kimia; pH larutan (asam, basa, penyangga); termokimia; konsep redoks dan sel elektrokimia; serta senyawa karbon dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. |
Keterampilan Proses |
Mengamati: Mengamati fenomena ilmiah dan mencatat detailnya. Mempertanyakan dan Memprediksi: Merumuskan pertanyaan dan hipotesis. Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan: Merencanakan metode, mengendalikan variabel, dan menggunakan alat untuk mengumpulkan data akurat. Memproses, Menganalisis Data: Menafsirkan informasi, menganalisis pola, dan menarik kesimpulan berbasis data. Mengevaluasi dan Refleksi: Mengidentifikasi sumber ketidakpastian, mengevaluasi kesimpulan, dan menganalisis validitas informasi. Mengomunikasikan Hasil: Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dengan argumen ilmiah. |
Unduh Perangkat Ajar Kimia Deep Learning Kelas 12
Dapatkan semua komponen perangkat ajar lengkap melalui tautan di bawah ini:
Download Disini