Download Perangkat Ajar Deep Learning Fisika Kelas 12
RASIONAL
Fisika adalah ilmu yang mengkaji fenomena alam dari skala atomik hingga jagat raya menggunakan nalar ilmiah yang objektif dan kuantitatif. Pemahaman fisika yang tepat berguna untuk memecahkan masalah sehari-hari dan menjadi jembatan keberhasilan studi lanjut di bidang sains dan rekayasa. Pendekatan Deep Learning dalam Fisika melatih siswa untuk melakukan penelitian sederhana, mengasah penalaran ilmiah, berpikir kritis, dan memecahkan masalah. Ini akan membentuk kesadaran diri sebagai bagian dari alam dan kemampuan untuk mengelola sumber daya dengan bijak, selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.
TUJUAN
Dengan mempelajari ilmu fisika, peserta didik dapat:
- Membentuk sikap religius dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam.
- Memupuk integritas, kejujuran, tanggung jawab, serta berkebhinekaan global.
- Memperdalam pemahaman prinsip fisis alam semesta untuk berpikir kritis.
- Memiliki sikap ilmiah, mengembangkan rasa ingin tahu, dan mampu melakukan percobaan.
- Memahami kekuatan dan keterbatasan diri untuk menjadi pemelajar sepanjang hayat.
- Mengembangkan dan menerapkan konsep-konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari.
KARAKTERISTIK
Mata pelajaran Fisika diorganisasikan dalam 2 (dua) elemen, yaitu pemahaman fisika dan keterampilan proses. Pada Fase F, cakupan materinya adalah mekanika, termodinamika, gelombang, elektromagnetika, dan fisika modern. Dalam proses pembelajarannya, kedua elemen ini merupakan satu kesatuan utuh.
Elemen | Deskripsi |
---|---|
Pemahaman Fisika | Pemahaman fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan model pada materi mekanika; fluida; gelombang; termodinamika; kelistrikan dan kemagnetan; dan fisika modern, yang sesuai untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena serta menerapkannya pada situasi baru. |
Keterampilan Proses | Keterampilan inkuiri sains yang meliputi mengamati; mempertanyakan dan memprediksi; merencanakan dan melakukan penyelidikan; memproses, menganalisis data dan informasi; mengevaluasi dan refleksi; serta mengomunikasikan hasil. Keterampilan ini merupakan siklus dinamis. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F
Pada akhir Fase F, peserta didik mampu memahami konsep kinematika dan dinamika, fluida, termodinamika, gelombang, kelistrikan dan kemagnetan, serta fisika modern. Konsep-konsep tersebut memungkinkan peserta didik untuk menerapkan dan mengembangkan keterampilan inkuiri sains mereka.
Elemen | Capaian Pembelajaran |
---|---|
Pemahaman Fisika | Peserta didik mampu memahami konsep gerak (hubungan gaya dan gerak), penerapan hukum fluida, konsep kalor dan termodinamika (termasuk analisis dampak perubahan iklim), gejala gelombang, rangkaian listrik dan elektromagnetik, serta teori dasar fisika modern dan digital dalam kehidupan sehari-hari. |
Keterampilan Proses |
Mengamati: Mengamati fenomena ilmiah dan mencatat hasil detail untuk memunculkan pertanyaan. Mempertanyakan dan Memprediksi: Merumuskan pertanyaan ilmiah dan hipotesis. Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan: Merencanakan metode dan menggunakan alat yang sesuai untuk mengumpulkan data akurat. Memproses, Menganalisis Data: Menafsirkan informasi, menganalisis pola, dan menarik kesimpulan yang konsisten. Mengevaluasi dan Refleksi: Mengidentifikasi sumber ketidakpastian, mengevaluasi kesimpulan, dan menganalisis validitas informasi. Mengomunikasikan Hasil: Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dengan argumen ilmiah. |
Unduh Perangkat Ajar Fisika Deep Learning Kelas 12
Dapatkan semua komponen perangkat ajar lengkap melalui tautan di bawah ini:
Download Disini