Perangkat Ajar Deep Learning IPAS Kelas 4

Rasional Mata Pelajaran IPAS

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) bertujuan untuk mengembangkan literasi sains dan sosial pada peserta didik. Pembelajaran IPAS menekankan pada pengembangan keterampilan proses untuk memperoleh pengetahuan tentang fenomena alam dan sosial yang terjadi di lingkungan sekitar. Melalui pendekatan inkuiri yang kontekstual, peserta didik didorong untuk mengamati, bertanya, menyelidiki, dan mengomunikasikan pemahaman mereka. Hal ini melatih kemampuan bernalar kritis dan kreatif, serta menumbuhkan sikap peduli, bertanggung jawab, dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas ciptaan-Nya. Pembelajaran IPAS secara terpadu membekali peserta didik dengan pemahaman holistik untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi warga negara yang aktif dan bijaksana.

Tujuan Mata Pelajaran IPAS

Mata pelajaran IPAS bertujuan agar peserta didik dapat:

  • Mengembangkan rasa ingin tahu dan sikap positif terhadap sains dan isu-isu sosial di lingkungannya.
  • Mengembangkan keterampilan proses (inkuiri) untuk menyelidiki fenomena alam dan sosial.
  • Memahami konsep-konsep esensial IPAS yang berkaitan dengan makhluk hidup, zat, energi, bumi dan antariksa, serta interaksi sosial dan budaya.
  • Menerapkan pemahaman IPAS untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dan mencari solusi atas masalah sederhana.
  • Membangun kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan alam dan keragaman sosial budaya.

Karakteristik dan Elemen Mata Pelajaran IPAS

Elemen Deskripsi
Pemahaman IPAS (Sains dan Sosial) Elemen ini mencakup pemahaman terhadap fakta, konsep, dan prinsip terkait materi: makhluk hidup dan lingkungannya; zat dan perubahannya; energi dan perubahannya; bumi dan antariksa; serta keruangan dan konektivitas; perkembangan teknologi; dan interaksi, komunikasi, sosialisasi, institusi sosial, dan dinamika sosial. Pemahaman ini digunakan untuk menjelaskan serta memprediksi fenomena dan menerapkannya pada situasi baru.
Keterampilan Proses Elemen ini merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang melatih peserta didik untuk melakukan penyelidikan ilmiah. Keterampilan ini tidak selalu berurutan melainkan sebuah siklus dinamis, yang meliputi:
1. Mengamati;
2. Mempertanyakan dan memprediksi;
3. Merencanakan dan melakukan penyelidikan;
4. Memproses, menganalisis data dan informasi;
5. Mengevaluasi dan refleksi;
6. Mengomunikasikan hasil.

Capaian Pembelajaran IPAS Fase B

Pada akhir Fase B, peserta didik mengidentifikasi keterkaitan antara pengetahuan-pengetahuan yang baru saja diperoleh serta mencari tahu bagaimana konsep-konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial saling berkaitan satu sama lain yang ada di lingkungan sekitar. Peserta didik dapat menjalankan tugas dalam kelompok, melakukan tugas sesuai perannya, dan mengenali kekuatan dan kelemahan diri.

Elemen Capaian Pembelajaran
Pemahaman IPAS (Sains dan Sosial) Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; wujud zat dan perubahannya; sumber dan bentuk energi serta perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari; gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya.
Keterampilan Proses Mengamati: Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dan dapat mencatat hasil pengamatannya.

Mempertanyakan dan memprediksi: Secara mandiri, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui saat melakukan pengamatan dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

Merencanakan dan melakukan penyelidikan: Dengan panduan guru, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Melakukan observasi menggunakan alat bantu pengukuran sederhana.

Memproses, menganalisis data dan informasi: Dengan panduan guru, peserta didik mengorganisasikan data dalam bentuk turus dan diagram gambar untuk menyajikan dan mengidentifikasi pola. Membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi dan memberikan penjelasan.

Mengevaluasi dan refleksi: Melakukan refleksi terhadap penyelidikan yang sudah dilakukan.

Mengomunikasikan hasil: Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam berbagai media.

Unduh Perangkat Ajar Lengkap

Silakan unduh Perangkat Ajar Deep Learning IPAS untuk Kelas 4 melalui tautan di bawah ini.

Download Disini