Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Indonesia Kelas 4

Rasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memegang peranan sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efektif, menumbuhkan daya kritis dan kreativitas, serta membangun kolaborasi. Penguasaan bahasa yang baik menjadi fondasi bagi peserta didik untuk memahami dan menyampaikan gagasan, yang esensial dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Seiring dengan pengembangan kompetensi global, pembelajaran Bahasa Indonesia juga bertujuan mengukuhkan jati diri peserta didik sebagai warga bangsa yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila. Mata pelajaran ini membina kemampuan literasi (berbahasa dan berpikir) yang mencakup keterampilan reseptif (menyimak, membaca, memirsa) dan produktif (berbicara, mempresentasikan, menulis).

Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:

  • Berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial.
  • Menjadi pribadi yang percaya diri sebagai komunikator, pemikir kritis-kreatif-imajinatif.
  • Menguasai literasi digital dan informasional.
  • Memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dari paparan lisan dan tulisan.
  • Membangun minat membaca dan mengapresiasi karya sastra sebagai bagian dari pengalaman budaya.

Elemen-elemen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Elemen Deskripsi
Menyimak Peserta didik mampu memahami, memaknai, dan menginterpretasi pesan lisan, informasi dari media audio, dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan dan konteks kehidupan sehari-hari.
Membaca dan Memirsa Peserta didik mampu memahami, memaknai, dan menginterpretasi informasi dari teks tulisan (fiksi dan nonfiksi) maupun tayangan visual (gambar, video) sesuai jenjangnya. Mereka juga mampu membangun kosakata dan memahami ide pokok serta ide pendukung.
Berbicara dan Mempresentasikan Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata, volume, dan intonasi yang sesuai konteks. Mereka mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, menceritakan kembali informasi, dan mempresentasikan gagasan dengan santun.
Menulis Peserta didik mampu menulis beragam jenis teks dengan kalimat yang runtut. Mereka mampu menerapkan kaidah kebahasaan dan ejaan yang sesuai dengan konteks, serta menggunakan kosakata baru untuk menyampaikan gagasan secara tertulis.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B per Elemen

Elemen Capaian Pembelajaran
Menyimak Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
Membaca dan Memirsa Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenali dengan fasih. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.
Berbicara dan Mempresentasikan Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.
Menulis Peserta didik mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks. Peserta didik terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Unduh Perangkat Ajar Lengkap

Silakan unduh Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Indonesia untuk Kelas 4 melalui tautan di bawah ini.

Download Disini