Download Perangkat Ajar Deep Learning Geografi Kelas 12

Download Perangkat Ajar Deep Learning Geografi Kelas 12

RASIONAL

Geografi adalah ilmu yang menghubungkan berbagai fenomena alam dan sosial untuk membantu kita memahami kompleksitas dunia. Melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional, geografi memberikan wawasan untuk mengatasi berbagai tantangan dan masalah, mulai dari skala lokal hingga global. Pendekatan Deep Learning dalam Geografi mendorong siswa untuk menumbuhkan keingintahuan, melatih sikap ilmiah, dan memahami proses alam semesta bekerja. Hal ini sangat relevan untuk membentuk warga negara yang bertanggung jawab dan berkontribusi pada permasalahan bangsa, sesuai dengan dimensi berkebinekaan global dalam Profil Pelajar Pancasila.

TUJUAN

Mata Pelajaran Geografi bertujuan agar siswa dapat:

  1. Memahami karakteristik, keunikan, serta persamaan dan perbedaan wilayah tempat tinggalnya.
  2. Memahami proses yang memengaruhi lingkungan fisik dan sosial.
  3. Memahami interaksi antara gejala fisik alam dan aktivitas manusia.
  4. Memahami dan menggunakan data serta informasi geografis.
  5. Mengenal cara mitigasi dan adaptasi terhadap bencana alam.
  6. Menganalisis fenomena geografis secara spasial dalam kehidupan sehari-hari.

KARAKTERISTIK

Mata pelajaran Geografi berorientasi pada penguatan keilmuan dan wawasan kewilayahan NKRI dengan perspektif keruangan. Geografi menjawab pertanyaan mendasar: Apa, Kapan, Di mana, Bagaimana, dan Mengapa suatu fenomena terjadi di sebuah wilayah. Ini menanamkan rasa cinta lingkungan dan tanah air, serta kemampuan mitigasi bencana. Informasi geografis paling efektif disajikan dalam bentuk data spasial seperti peta.

Pemahaman Konsep

Elemen ini mencakup konsep-konsep ilmu Geografi terkait fenomena geosfer, pemanfaatan peta dan teknologi (pengindraan jauh & SIG), posisi strategis Indonesia, keanekaragaman hayati, kependudukan, perubahan iklim, kebencanaan, serta kewilayahan dan pembangunan.

Keterampilan Proses

Elemen ini menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan jawaban. Keterampilan ini meliputi: Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Mengorganisasikan Informasi, Menarik Kesimpulan, Mengomunikasikan, serta Merefleksikan dan Merencanakan Projek Lanjutan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F

Pada akhir Fase F, siswa mampu menganalisis dan mengevaluasi secara keruangan tentang posisi strategis Indonesia, sumber daya alam, keanekaragaman hayati, kependudukan, lingkungan hidup, kebencanaan, perubahan iklim, serta kewilayahan dan kerja sama antarwilayah.

Pemahaman Konsep

Siswa mampu memahami secara mendalam dan keruangan tentang keuntungan posisi strategis Indonesia, pola keanekaragaman hayati, kependudukan, lingkungan hidup, kebencanaan, perubahan iklim, serta konsep kewilayahan, pembangunan, dan kerja sama antarwilayah.

Keterampilan Proses

Siswa mampu mengamati fenomena geosfer, membuat pertanyaan mendalam, mengumpulkan informasi melalui observasi atau studi literasi, menganalisis, menarik simpulan, dan mengomunikasikannya dalam berbagai bentuk (peta, grafik, infografis). Siswa juga mampu merencanakan projek kolaboratif untuk meningkatkan pemahaman tentang kerja sama antarwilayah.

Unduh Perangkat Ajar Geografi Deep Learning Kelas 12

Dapatkan semua komponen perangkat ajar lengkap melalui tautan di bawah ini:

Download Disini