Download Perangkat Ajar Deep Learning Sejarah Kelas 12
RASIONAL
Mata pelajaran Sejarah mengkaji kehidupan manusia dalam ruang dan waktu untuk membangun kesadaran akan ke-Indonesia-an. Pengetahuan masa lalu sangat penting untuk dikontekstualisasikan dalam kehidupan kekinian dan sebagai proyeksi masa depan. Pendekatan Deep Learning dalam Sejarah melatih siswa untuk berpikir kritis, berempati, merefleksi, dan berkarya. Muara pembelajarannya adalah untuk mendorong pembentukan manusia merdeka dengan kesadaran sejarah yang selaras dengan Profil Pelajar Pancasila, yang arif dan bijaksana dalam menghadapi masa depan.
TUJUAN
Mata pelajaran Sejarah bertujuan untuk:
- Menumbuhkembangkan kesadaran sejarah.
- Mengembangkan pemahaman tentang dimensi manusia, ruang, dan waktu (masa lampau, kini, dan akan datang).
- Mengembangkan pemahaman diri dan kolektif sebagai bangsa Indonesia sesuai nilai-nilai Pancasila.
- Melatih kecakapan berpikir sejarah: diakronis, sinkronis, kausalitas, imajinatif, dan kritis.
- Melatih keterampilan inkuiri melalui tahapan penelitian sejarah.
- Memiliki kemampuan literasi sejarah dalam mengkritisi dan menyajikan informasi.
KARAKTERISTIK
Karakteristik esensial Sejarah adalah mempelajari peristiwa dalam kehidupan bangsa Indonesia secara saintifik dan kritis dengan perspektif Indonesia sentris. Mata pelajaran ini menghubungkan sejarah lokal, nasional, dan global untuk memberikan pelajaran bermakna dari masa lalu. Pada Fase F, substansi diarahkan pada perjalanan sejarah Indonesia mulai dari masa penjajahan hingga reformasi.
Pemahaman Konsep
Siswa memahami berbagai peristiwa sejarah Indonesia dari masa penjajahan bangsa Barat hingga reformasi menggunakan konsep dasar ilmu sejarah.
Keterampilan Proses
Siswa menerapkan proses berpikir sejarah melalui inkuiri: mengamati, menanya, mengumpulkan sumber (heuristik), menganalisis, menafsirkan, dan mengomunikasikan. Keterampilan ini mencakup berpikir diakronis, sinkronis, kritis, riset, empati, dan menemukan kebermaknaan sejarah.
CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F
Pada akhir Fase F, siswa mampu berpikir sejarah, melakukan literasi dan penelitian sejarah sederhana, menunjukkan kesadaran dan empati sejarah, serta menghasilkan projek sejarah. Kompetensi ini dikuasai setelah mempelajari berbagai peristiwa sejarah Indonesia dari masa penjajahan hingga reformasi melalui pembelajaran inkuiri yang aktif dan bermakna.
Pemahaman Konsep
Siswa menggunakan konsep dasar sejarah untuk menganalisis keterhubungan antara masa lampau, kini, dan masa depan, serta mengaitkan berbagai peristiwa sejarah Indonesia dalam lingkup lokal, nasional, dan global.
Keterampilan Proses
Keterampilan proses mencakup kemampuan riset sejarah (heuristik, kritik sumber), analisis, interpretasi, serta mengomunikasikan temuan. Siswa diajak untuk mengevaluasi pengalaman belajar dan merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif.
Unduh Perangkat Ajar Sejarah Deep Learning Kelas 12
Dapatkan semua komponen perangkat ajar lengkap melalui tautan di bawah ini:
Download Disini