Download Perangkat Ajar Deep Learning Biologi Kelas 12
RASIONAL
Biologi adalah kajian fenomena kehidupan yang diperlukan untuk memahami dan mengelola tantangan sumber daya alam, lingkungan, dan kesehatan di abad ke-21. Pendekatan Deep Learning dalam Biologi memberikan pengalaman belajar autentik melalui pendekatan inkuiri yang berpusat pada siswa. Siswa dilatih memecahkan masalah kehidupan sehari-hari melalui kerja ilmiah, mulai dari menemukan masalah hingga mengomunikasikan hasil. Ini akan membentuk nalar kritis, kreativitas, serta kemampuan kolaborasi yang sangat relevan untuk studi lanjut maupun karier di bidang kesehatan, bioteknologi, konservasi, dan lainnya.
TUJUAN
Dengan mempelajari ilmu biologi, peserta didik dapat:
- Memiliki rasa kagum dan bersyukur terhadap Pencipta serta menghormati makhluk hidup lainnya.
- Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan memperhatikan etika dan norma.
- Memahami esensi biologi dari tingkat subseluler hingga dinamika ekosistem.
- Memahami perkembangan pengetahuan biologi dan pengaruhnya bagi masyarakat.
- Memahami isu permasalahan biologi dan menerapkan pengetahuan untuk mengatasinya.
- Menghasilkan gagasan kreatif berdasarkan hasil eksperimen.
- Mampu merencanakan dan melaksanakan investigasi ilmiah.
KARAKTERISTIK
Biologi mengkaji makhluk hidup dan karakteristiknya. Cakupan materi pada Fase F meliputi struktur sel, bioproses, pewarisan sifat, evolusi, sistem organ, serta pertumbuhan dan perkembangan. Pembelajarannya mengintegrasikan dua elemen secara utuh.
Elemen | Deskripsi |
---|---|
Pemahaman Biologi | Pemahaman tentang fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan model pada materi sel dan bioproses yang terjadi di dalamnya, sistem organ, evolusi, pewarisan sifat, pertumbuhan dan perkembangan. |
Keterampilan Proses | Keterampilan inkuiri sains yang meliputi mengamati; mempertanyakan dan memprediksi; merencanakan dan melakukan penyelidikan; memproses, menganalisis data; mengevaluasi dan refleksi; serta mengomunikasikan hasil. Ini adalah siklus dinamis yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F
Pada akhir Fase F, siswa memahami sel dan bioproses di dalamnya; keterkaitan antar sistem organ; pewarisan sifat; serta teori evolusi. Konsep ini memungkinkan siswa menerapkan keterampilan inkuiri sains untuk memecahkan masalah sehari-hari.
Elemen | Capaian Pembelajaran |
---|---|
Pemahaman Biologi | Peserta didik memahami struktur sel; pembelahan sel; transpor pada membran; metabolisme dan sintesis protein; hukum Mendel dan pola hereditas; pertumbuhan dan perkembangan; teori evolusi dan mengaitkannya dengan biodiversitas serta perubahan iklim; serta keterkaitan struktur dan fungsi sistem organ. |
Keterampilan Proses |
Mengamati: Mengamati fenomena dan mencatat detail untuk memunculkan pertanyaan. Mempertanyakan dan Memprediksi: Merumuskan pertanyaan ilmiah dan hipotesis. Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan: Merencanakan metode dan menggunakan alat untuk mengumpulkan data akurat. Memproses, Menganalisis Data: Menafsirkan informasi, menganalisis pola, dan menarik kesimpulan berbasis bukti. Mengevaluasi dan Refleksi: Mengidentifikasi sumber ketidakpastian, mengevaluasi simpulan, dan menganalisis validitas informasi. Mengomunikasikan Hasil: Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dengan argumen ilmiah. |
Unduh Perangkat Ajar Biologi Deep Learning Kelas 12
Dapatkan semua komponen perangkat ajar lengkap melalui tautan di bawah ini:
Download Disini