Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Indonesia Kelas 5

Rasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Fase C)

Bahasa Indonesia merupakan fondasi utama bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan literasi, yaitu kemampuan memahami, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan informasi baik lisan maupun tulis. Pada Fase C, pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk mengasah kemampuan bernalar kritis dan kreativitas peserta didik. Mereka tidak hanya belajar tentang kaidah bahasa, tetapi juga menggunakannya sebagai alat untuk memahami diri sendiri, orang lain, dan dunia di sekitarnya. Melalui teks fiksi dan nonfiksi yang relevan, peserta didik diajak untuk mengenali nilai-nilai Pancasila, menghargai keunikan diri dan budaya (kebinekaan global), berkolaborasi (gotong royong), dan bertindak secara mandiri dan bertanggung jawab. Pembelajaran dirancang untuk menumbuhkan kecintaan pada kegiatan membaca dan menulis sebagai keterampilan sepanjang hayat.

Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik:

  • Memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan situasi.
  • Mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dari berbagai jenis teks.
  • Mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan menyampaikan gagasan yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Mampu menulis berbagai jenis teks untuk menyampaikan pengamatan, pengalaman, dan gagasannya secara terstruktur dan kreatif.
  • Memiliki kebiasaan dan kecintaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan mengembangkan keterampilan.

Elemen-elemen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Elemen Deskripsi
Menyimak Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa fakta, prosedur, dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks (informasional dan fiksi) yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (dibacakan), dan audio.
Membaca dan Memirsa Peserta didik mampu membaca lancar, memahami informasi tersurat dan tersirat, serta memaknai kosakata baru (denotatif, konotatif, kiasan). Mereka mampu mengidentifikasi ide pokok dan nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa, puisi) dan informasional dari teks dan/atau audiovisual.
Berbicara dan Mempresentasikan Peserta didik mampu menyampaikan informasi, gagasan, dan perasaan secara lisan untuk berbagai tujuan (meyakinkan, menghibur) dengan santun dan efektif. Mereka mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dan mempresentasikan hasil pengamatan serta pengalaman secara logis, sistematis, dan kreatif.
Menulis Peserta didik mampu menulis berbagai jenis teks (deskripsi, narasi, eksposisi, prosedur, persuasif) berdasarkan gagasan, pengamatan, dan imajinasi. Mereka mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan, memanfaatkan kosakata baru, serta menyampaikan perasaan secara indah dan menarik.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase C (Umumnya Kelas 5 dan 6 SD)

Pada akhir Fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informasional. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan dan keterampilan.

Download Perangkat Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 (Fase C)

Gunakan tombol di bawah ini untuk mengakses kumpulan perangkat ajar lengkap Bahasa Indonesia Kelas 5 (Fase C) Kurikulum Merdeka yang berbasis pendekatan Deep Learning.