Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Inggris Kelas 4

Rasional

Pada Fase B, peserta didik mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris untuk berkomunikasi secara sederhana dalam konteks yang familiar dan dapat diprediksi. Pembelajaran difokuskan pada pengembangan kepercayaan diri untuk berinteraksi menggunakan pola kalimat dasar, memperluas kosakata fungsional terkait lingkungan sekitar (sekolah dan rumah), serta memahami instruksi dan teks sederhana dengan bantuan visual. Penekanan diberikan pada keterampilan menyimak dan berbicara sebagai fondasi, yang kemudian didukung oleh pengenalan keterampilan membaca dan menulis secara bertahap dan terbimbing.

Tujuan

Pembelajaran Bahasa Inggris di Fase B bertujuan agar peserta didik mampu:

  • Berinteraksi secara lisan menggunakan frasa dan kalimat sederhana dalam situasi kelas dan rumah.
  • Memahami ide pokok dari wacana lisan atau teks tulis sederhana yang diperkuat dengan media visual.
  • Mengomunikasikan ide, kebutuhan, dan pengalaman sederhana melalui tulisan dan gambar.
  • Membangun sikap positif dan motivasi intrinsik terhadap pembelajaran bahasa Inggris sebagai alat komunikasi.

Karakteristik Mata Pelajaran

Bahasa Inggris di Fase B diajarkan sebagai bahasa asing pertama yang berfokus pada empat elemen keterampilan berbahasa yang saling terkait:

  • Menyimak – Berbicara (Listening – Speaking): Keterampilan ini adalah inti dari komunikasi. Peserta didik belajar merespons secara verbal dan non-verbal terhadap instruksi, pertanyaan, dan cerita sederhana.
  • Membaca – Memirsa (Reading – Viewing): Peserta didik belajar mengenali hubungan antara bentuk tulisan dan bunyi, serta memahami makna kata, frasa, dan kalimat pendek yang disajikan dalam berbagai moda (teks, gambar, visual).
  • Menulis – Mempresentasikan (Writing – Presenting): Peserta didik belajar menulis kosakata, frasa, dan kalimat sederhana untuk melabeli gambar, mendeskripsikan objek atau kegiatan, serta mempresentasikan hasil karya mereka secara lisan.

Capaian Pembelajaran Berdasarkan Elemen

Elemen Capaian Pembelajaran Fase B
Menyimak – Berbicara Pada akhir Fase B, peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dalam situasi sosial dan kelas yang familiar (misalnya, berkenalan, menyapa, bertanya kabar, mengucapkan terima kasih, meminta izin). Mereka merespons instruksi sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan tindakan atau bahasa tubuh. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana.
Membaca – Memirsa Pada akhir Fase B, peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan memahami teks pendek dan sederhana dengan bantuan gambar atau ilustrasi. Mereka menemukan informasi spesifik dalam teks sederhana. Mereka membaca dan memberikan respons terhadap teks pendek, sederhana, dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal, atau interaktif.
Menulis – Mempresentasikan Pada akhir Fase B, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui gambar dan salinan tulisan. Dengan bantuan guru, mereka menghasilkan teks deskripsi dan prosedur sederhana menggunakan kata/frasa sederhana dan gambar. Mereka menulis kosakata sederhana yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah dalam bahasa Inggris.

Unduh Perangkat Ajar Lengkap

Silakan unduh Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Inggris untuk Kelas 4 melalui tautan di bawah ini.

Download Disini