Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Kuis Modul 3

Kunci Jawaban Kuis Modul 3

Kunci Jawaban Kuis Modul 3

Perhatian: Urutan soal di kuis ini mungkin ditampilkan secara acak dan bisa berbeda untuk setiap peserta. Pastikan untuk mencocokkan teks pertanyaan dengan jawaban Anda, bukan hanya berpatokan pada nomor soal.

Soal 1

Seorang guru ingin mencari referensi perangkat ajar dan video pembelajaran dari platform Rumah Pendidikan. Setelah menjelajah fitur Inspirasi Pembelajaran Ruang GTK, ia menemukan berbagai konten kecuali satu jenis konten berikut yang tidak tersedia dalam fitur tersebut. Konten manakah itu?

  • Video Inspirasi
  • Perangkat Ajar
  • Ide Praktik
  • CP/ATP
  • Lab Maya

Soal 2

Petunjuk: Pilih jawaban yang paling tepat atau tandai pernyataan sebagai Benar (True) atau Salah (False)

Seorang guru ingin menggunakan video dari menu Sumber Belajar di Ruang Murid sebagai bahan diskusi di kelas. Namun, ia beranggapan bahwa video tersebut hanya untuk murid dan tidak relevan dalam pembelajaran klasikal.

  • True
  • False

Soal 3

Setelah selesai mengajar satu topik, Bu Sinta ingin mengetahui sejauh mana murid memahami materi dan apa yang perlu ditindaklanjuti. Ia ingin menggunakan soal yang tersedia pada Ruang GTK. Fitur apa yang sebaiknya ia manfaatkan?

  • Bukti Karya
  • Ide Praktik
  • CP/ATP
  • Kelas
  • Asesmen Murid

Soal 4

Lia, seorang murid kelas VIII, ingin mempelajari kembali materi IPA karena merasa kurang paham saat pembelajaran berlangsung. Ia membuka Rumah Pendidikan secara mandiri dari rumah. Fitur mana yang dapat membantunya belajar secara mandiri dan menyenangkan?

  • Perangkat Ajar
  • Asesmen Murid
  • CP/ATP
  • Ide Praktik
  • Sumber Belajar

Soal 5

Petunjuk: Pilih jawaban yang paling tepat atau tandai pernyataan sebagai Benar (True) atau Salah (False)

Siswa kelas 5 memanfaatkan gim edukasi dalam Ruang Murid untuk memperkuat pemahamannya tentang perubahan wujud benda. Aktivitas ini termasuk strategi pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

  • True
  • False

Soal 6

Bu Rina, seorang guru kelas V SD, sedang menyiapkan rencana pembelajaran untuk tema “Perubahan Lingkungan”. Ia ingin mencari referensi modul ajar yang sesuai kurikulum dan karakteristik siswanya. Fitur mana yang paling tepat ia akses di Rumah Pendidikan?

  • Perangkat Ajar
  • Sumber Belajar
  • Ide Praktik
  • Video Inspirasi
  • Bukti Karya

Soal 7

Dalam tugas akhir, seorang murid diminta menggunakan artikel dari Ruang Murid dan menyampaikan hasil pemahamannya dalam bentuk presentasi dan refleksi. Pendekatan pemanfaatan materi artikel ini paling sesuai dengan?

  • Murid mengikuti simulasi eksperimen secara virtual
  • Guru menggunakan gim untuk mengulang pelajaran
  • Murid membaca artikel lalu membuat ringkasan dan refleksi
  • Murid bermain sambil menjawab soal interaktif
  • Guru memutar animasi untuk memantik diskusi

Soal 8

Pak Danu telah menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek yang berhasil meningkatkan partisipasi murid. Ia ingin membagikan praktik baik tersebut dan mendokumentasikannya sebagai portofolio kinerja. Fitur apa yang paling sesuai?

  • Perangkat Ajar
  • Kelas
  • Sumber Belajar
  • CP/ATP
  • Bukti Karya

Soal 9

Pak Andi ingin mencoba metode pembelajaran baru yang lebih aktif dan menyenangkan. Ia mencari contoh praktik mengajar yang dilakukan oleh guru lain di lapangan. Fitur apa yang sebaiknya ia akses?

  • Kelas
  • Video Inspirasi
  • CP/ATP
  • Asesmen Murid
  • Sumber Belajar

Soal 10

Ibu Rina ingin mengetahui kelompok murid yang memiliki kesulitan dalam soal literasi untuk merancang pembelajaran diferensiasi. Maka ia menggunakan fitur Kelas. Apa kegunaan fitur tersebut?

  • Mencetak raport murid
  • Menyusun modul ajar otomatis
  • Menampilkan data kelompok murid berdasarkan hasil asesmen
  • Menonton live streaming pembelajaran
  • Mengakses video reflektif dari guru