Cara buat modul ajar ukin ppg guru tertentu dengan model discovery learning
Format modul ajar UKIN yang mengintegrasikan sintaks 6 langkah Discovery Learning ke dalam alokasi waktu 80 menit.
Dibagi menjadi
- Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
- Kegiatan Inti (Discovery Learning): 60 menit
- Kegiatan Penutup: 10 menit
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
Fokus pada membangun kesiapan siswa dan memberikan orientasi awal.
- Salam Pembuka & Doa — Menyapa dan memimpin doa.
- Absensi & Cek Kesiapan Fisik/Psikis — Memastikan kehadiran dan semangat belajar siswa.
- Apersepsi — Mengaitkan materi lama dengan materi baru untuk menjembatani pengetahuan siswa.
- Pertanyaan Pemantik — Mengajukan pertanyaan awal yang relevan untuk membangkitkan rasa ingin tahu.
- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran — Menjelaskan target pencapaian materi hari ini.
Kegiatan Inti (60 Menit) - Integrasi Discovery Learning
Fokus pada proses penemuan konsep baru oleh siswa secara mandiri dan kolaboratif.
- Stimulasi (Stimulation) (5 Menit) — Guru menampilkan video, gambar, atau fenomena yang memicu masalah/rasa ingin tahu.
- Identifikasi Masalah (Problem Statement) (5 Menit) — Siswa merumuskan pertanyaan atau masalah yang akan diselidiki berdasarkan stimulasi. Guru memfasilitasi perumusan masalah yang relevan.
- Pembagian Kelompok & Penjelasan LKPD (5 Menit) — Guru membagi siswa dan menjelaskan panduan kerja pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
- Pengumpulan Data (Data Collection) (15 Menit) — Siswa secara aktif mencari, membaca, dan mengumpulkan data/informasi dari berbagai sumber (buku, internet, dll.) untuk memecahkan masalah.
- Pengolahan Data (Data Processing) (15 Menit) — Siswa berdiskusi, menganalisis, dan mengolah data yang telah dikumpulkan (misalnya dalam bentuk tabel, grafik, atau rangkuman) untuk menemukan pola dan hipotesis sementara.
- Verifikasi (Verification) (10 Menit) — Kelompok mempresentasikan hasil olahan data/temuan mereka. Kelompok lain menanggapi/menguji kebenaran temuan tersebut melalui diskusi.
- Ice Breaking (5 Menit) — Selingan singkat untuk menjaga energi dan fokus.
Kegiatan Penutup (10 Menit)
Mengakhiri pembelajaran dengan penguatan konsep, evaluasi, dan refleksi.
- Generalisasi (Generalization) & Kesimpulan — Guru membimbing siswa untuk merumuskan kesimpulan akhir (konsep, prinsip, atau hukum) yang valid dan berlaku umum dari hasil verifikasi.
- Evaluasi Pembelajaran — Guru memberikan tes singkat atau pertanyaan lisan untuk menguji pemahaman siswa.
- Refleksi — Guru dan siswa merefleksikan proses belajar yang telah dilakukan (kesan, kesulitan, manfaat).
- Penutup dan Tindak Lanjut — Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya dan menutup dengan salam serta doa.