Cara buat modul ajar ukin ppg guru tertentu dengan model problem based learning
Format modul ajar UKIN yang mengintegrasikan sintaks 5 langkah Problem Based Learning (PBL) ke dalam alokasi waktu 80 menit.
Dibagi menjadi
- Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
- Kegiatan Inti (Problem Based Learning): 60 menit
- Kegiatan Penutup: 10 menit
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
Fokus pada membangun kesiapan siswa dan memberikan orientasi awal.
- Salam Pembuka & Doa — Menyapa dan memimpin doa.
- Absensi & Cek Kesiapan Fisik/Psikis — Memastikan kehadiran dan semangat belajar siswa.
- Apersepsi — Mengaitkan materi lama dengan materi baru atau isu yang relevan.
- Pertanyaan Pemantik — Mengajukan pertanyaan yang mengarah pada masalah yang akan diselesaikan.
- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran — Menjelaskan target pencapaian materi hari ini.
Kegiatan Inti (60 Menit) - Integrasi Problem Based Learning (PBL)
Fokus pada penyelesaian masalah nyata dan pengembangan solusi oleh siswa.
- Orientasi Siswa pada Masalah (10 Menit) — Guru menyajikan masalah nyata (melalui video, berita, atau studi kasus) dan memastikan siswa memahami masalah serta tujuan pembelajaran.
- Mengorganisasi Siswa untuk Belajar (5 Menit) — Guru membagi siswa ke dalam kelompok dan memfasilitasi mereka untuk menentukan tugas dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah.
- Membimbing Penyelidikan (20 Menit) — Siswa bekerja dalam kelompok atau secara mandiri untuk mengumpulkan data dan melakukan penyelidikan yang relevan untuk mencari solusi masalah. Guru memonitor dan membimbing.
- Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (20 Menit) — Siswa membuat karya (solusi, laporan, presentasi, poster) berdasarkan data yang ditemukan, lalu menyajikannya di depan kelas. Guru mendorong diskusi dan umpan balik.
- Ice Breaking (5 Menit) — Selingan singkat untuk menjaga energi dan fokus.
Kegiatan Penutup (10 Menit)
Mengakhiri pembelajaran dengan penguatan konsep, evaluasi, dan refleksi.
- Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah — Guru membimbing siswa untuk mengevaluasi proses penyelidikan dan pemecahan masalah yang telah dilakukan, serta merumuskan kesimpulan akhir (solusi/konsep).
- Evaluasi Pembelajaran — Guru memberikan tes singkat atau pertanyaan lisan untuk menguji pemahaman siswa terkait solusi masalah.
- Refleksi — Guru dan siswa merefleksikan proses belajar yang telah dilakukan (kesan, kesulitan, dan efektivitas solusi).
- Penutup dan Tindak Lanjut — Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya dan menutup dengan salam serta doa.