Panduan Pembelajaran

Cara buat modul ajar ukin ppg guru tertentu dengan model problem based learning

Cara Membagi Waktu saat Video UKIN Misalnya dengan • Durasi Total: 80 Menit

Format modul ajar UKIN yang mengintegrasikan sintaks 5 langkah Problem Based Learning (PBL) ke dalam alokasi waktu 80 menit.

Dibagi menjadi

  • Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
  • Kegiatan Inti (Problem Based Learning): 60 menit
  • Kegiatan Penutup: 10 menit

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

Fokus pada membangun kesiapan siswa dan memberikan orientasi awal.

  1. Salam Pembuka & Doa — Menyapa dan memimpin doa.
  2. Absensi & Cek Kesiapan Fisik/Psikis — Memastikan kehadiran dan semangat belajar siswa.
  3. Apersepsi — Mengaitkan materi lama dengan materi baru atau isu yang relevan.
  4. Pertanyaan Pemantik — Mengajukan pertanyaan yang mengarah pada masalah yang akan diselesaikan.
  5. Menyampaikan Tujuan Pembelajaran — Menjelaskan target pencapaian materi hari ini.

Kegiatan Inti (60 Menit) - Integrasi Problem Based Learning (PBL)

Fokus pada penyelesaian masalah nyata dan pengembangan solusi oleh siswa.

  1. Orientasi Siswa pada Masalah (10 Menit) — Guru menyajikan masalah nyata (melalui video, berita, atau studi kasus) dan memastikan siswa memahami masalah serta tujuan pembelajaran.
  2. Mengorganisasi Siswa untuk Belajar (5 Menit) — Guru membagi siswa ke dalam kelompok dan memfasilitasi mereka untuk menentukan tugas dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah.
  3. Membimbing Penyelidikan (20 Menit) — Siswa bekerja dalam kelompok atau secara mandiri untuk mengumpulkan data dan melakukan penyelidikan yang relevan untuk mencari solusi masalah. Guru memonitor dan membimbing.
  4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (20 Menit) — Siswa membuat karya (solusi, laporan, presentasi, poster) berdasarkan data yang ditemukan, lalu menyajikannya di depan kelas. Guru mendorong diskusi dan umpan balik.
  5. Ice Breaking (5 Menit) — Selingan singkat untuk menjaga energi dan fokus.

Kegiatan Penutup (10 Menit)

Mengakhiri pembelajaran dengan penguatan konsep, evaluasi, dan refleksi.

  1. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah — Guru membimbing siswa untuk mengevaluasi proses penyelidikan dan pemecahan masalah yang telah dilakukan, serta merumuskan kesimpulan akhir (solusi/konsep).
  2. Evaluasi Pembelajaran — Guru memberikan tes singkat atau pertanyaan lisan untuk menguji pemahaman siswa terkait solusi masalah.
  3. Refleksi — Guru dan siswa merefleksikan proses belajar yang telah dilakukan (kesan, kesulitan, dan efektivitas solusi).
  4. Penutup dan Tindak Lanjut — Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya dan menutup dengan salam serta doa.

Ringkasan Waktu

Durasi total: 80 menit
Pembukaan: 10 menit
Inti: 60 menit
Penutup: 10 menit
Pastikan 5 langkah Problem Based Learning terekam jelas dalam video UKIN.