Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Koding dan KA Kelas 7 Pemanfaatan dan Pengembangan Kecerdasan Artifisial

Pemanfaatan & Pengembangan KA

Materi Koding & Kecerdasan Artifisial Fase D (Kelas VII) 

1. Pengenalan Perangkat KA Sederhana

Pada fase ini, siswa belajar bahwa Kecerdasan Artifisial (KA) bukan hanya robot di film, melainkan alat bantu (tools) yang ada di sekitar kita untuk memudahkan pekerjaan manusia.

🔍 Apa itu Pemanfaatan KA?
Adalah kemampuan menggunakan aplikasi berbasis AI secara tepat guna untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, seperti menerjemahkan bahasa, mencari ide, atau membuat gambar.

Contoh Perangkat KA Sederhana yang sering digunakan:

  • Asisten Virtual: Google Assistant, Siri, Alexa (Membantu lewat perintah suara).
  • Penerjemah Cerdas: Google Translate, DeepL (Menerjemahkan teks/dokumen).
  • Chatbot Generatif: ChatGPT, Gemini, Bing Chat (Membantu menjawab pertanyaan atau membuat teks).
  • Navigasi: Google Maps / Waze (Mencari rute tercepat menghindari macet).

Kunci Pemanfaatan: Menggunakannya dengan KRITIS. Artinya, tidak langsung percaya 100% pada hasilnya, melainkan mengecek kebenarannya terlebih dahulu.

2. Menuliskan Input Bermakna (Prompt Engineering)

Agar KA memberikan jawaban yang bagus, kita harus memberikan perintah yang jelas. Dalam dunia AI, perintah teks yang kita ketikkan disebut PROMPT.

Prinsip utamanya adalah: "Garbage In, Garbage Out" (Sampah masuk, sampah keluar). Jika input kita tidak jelas, hasilnya juga tidak akan berguna.

Tips Membuat Prompt yang Bermakna:

  1. Spesifik: Jelaskan detail apa yang diinginkan.
  2. Konteks: Berikan peran pada AI (Contoh: "Bertindaklah sebagai guru...").
  3. Format: Tentukan bentuk jawabannya (Tabel, poin-poin, atau paragraf).

Perbandingan Input (Prompt):

Input Buruk (Kurang Bermakna) Input Baik (Bermakna & Detail)
"Buatkan puisi." "Buatkan puisi 2 bait tentang keindahan pantai di sore hari untuk tugas sekolah anak SMP."
"Jelaskan fotosintesis." "Jelaskan proses fotosintesis secara sederhana untuk anak kelas 3 SD, gunakan analogi memasak."
"Apa ide liburan?" "Berikan 5 rekomendasi tempat wisata alam di Jawa Barat yang ramah anak dan tiketnya murah."

📝 Latihan Soal Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat! Klik tombol biru untuk melihat kunci jawaban.

1. Apa tujuan utama dari pemanfaatan perangkat Kecerdasan Artifisial (KA) bagi siswa kelas 7?
A. Agar siswa bisa membuat robot canggih.
B. Sebagai alat bantu untuk memudahkan pembelajaran dan penyelesaian masalah.
C. Agar siswa tidak perlu belajar lagi karena semua dikerjakan mesin.
D. Untuk menggantikan peran guru di sekolah.
Cek Jawaban
Jawaban: B
KA dimanfaatkan sebagai alat bantu (tools) untuk produktivitas, bukan untuk menggantikan belajar atau guru.
2. Perintah teks yang kita ketikkan ke dalam sistem KA (seperti ChatGPT atau Google Translate) disebut...
A. Code
B. Hardware
C. Prompt
D. Bug
Cek Jawaban
Jawaban: C
Prompt adalah istilah untuk input teks atau perintah yang diberikan manusia kepada sistem AI.
3. Prinsip "Garbage In, Garbage Out" dalam penggunaan KA berarti...
A. Jika kita membuang sampah, AI akan marah.
B. AI hanya bisa memproses data sampah.
C. Jika input/perintah yang kita berikan buruk/tidak jelas, maka hasil outputnya juga akan buruk.
D. Komputer akan rusak jika diberi input teks.
Cek Jawaban
Jawaban: C
Kualitas jawaban AI sangat bergantung pada kualitas pertanyaan/input yang kita masukkan.
4. Manakah di bawah ini yang merupakan contoh input yang PALING BERMAKNA (baik) untuk sistem KA?
A. "Buatkan cerita."
B. "Cerita kancil."
C. "Tuliskan cerpen 300 kata tentang Kancil yang belajar coding di hutan, dengan pesan moral tentang kerja keras."
D. "Tulis sesuatu yang lucu."
Cek Jawaban
Jawaban: C
Pilihan C sangat spesifik (topik, panjang kata, konteks, dan pesan moral), sehingga AI bisa bekerja lebih akurat.
5. Sikap "Kritis" saat menggunakan perangkat KA berarti...
A. Selalu menyalahkan komputer.
B. Tidak langsung percaya, melainkan memeriksa kembali kebenaran informasi yang diberikan AI.
C. Menggunakan AI untuk mengkritik teman.
D. Menolak menggunakan teknologi sama sekali.
Cek Jawaban
Jawaban: B
Kritis berarti memverifikasi fakta (cek ulang) karena AI bisa saja salah (halusinasi).
6. Aplikasi Google Maps menggunakan KA untuk membantu kita dalam hal...
A. Mengedit foto menjadi kartun.
B. Membuat puisi cinta.
C. Menentukan rute perjalanan tercepat berdasarkan data lalu lintas.
D. Menerjemahkan suara hewan.
Cek Jawaban
Jawaban: C
Google Maps menggunakan AI untuk menganalisis data kemacetan dan memprediksi waktu tempuh.
7. Mengapa memberikan "Konteks" (latar belakang) sangat penting saat menulis input ke KA?
A. Agar AI tidak bingung dan bisa memberikan jawaban yang relevan dengan kebutuhan kita.
B. Agar AI menjadi lebih cepat panas.
C. Agar kuota internet lebih hemat.
D. Konteks tidak penting sama sekali.
Cek Jawaban
Jawaban: A
Konteks membantu AI memahami "siapa" target jawabannya dan "bagaimana" gaya bahasa yang harus digunakan.
8. Berikut ini adalah etika yang BENAR dalam memanfaatkan KA untuk tugas sekolah...
A. Menyalin (Copy-Paste) seluruh jawaban AI dan mengakuinya sebagai buatan sendiri.
B. Menggunakan AI untuk mencari ide atau penjelasan, lalu menulis tugas dengan kalimat sendiri.
C. Meminta AI mengerjakan soal ujian saat pengawas lengah.
D. Menggunakan AI untuk mengejek teman sekelas.
Cek Jawaban
Jawaban: B
KA sebaiknya digunakan sebagai teman diskusi/brainstorming, bukan alat plagiasi (mencontek).
9. Jika kamu ingin AI membuatkan jadwal belajar, input mana yang paling efektif?
A. "Buat jadwal."
B. "Kapan saya harus belajar?"
C. "Buatkan tabel jadwal belajar untuk persiapan UAS SMP, durasi 2 jam per hari, fokus Matematika dan IPA."
D. "Jadwal belajar yang bagus."
Cek Jawaban
Jawaban: C
Pilihan C memberikan detail format (tabel), tujuan (UAS SMP), durasi, dan subjek spesifik.
10. Salah satu keterbatasan perangkat KA sederhana adalah...
A. Tidak bisa dimatikan.
B. Data yang dimilikinya mungkin tidak update (kadaluarsa) atau bias.
C. Selalu benar 100%.
D. Memiliki perasaan dan hati nurani.
Cek Jawaban
Jawaban: B
AI terbatas pada data yang dilatihkan kepadanya, sehingga informasinya bisa usang atau mengandung bias, dan ia tidak punya perasaan.