Download Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Kelas 12

Download Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Kelas 12

Selamat datang di sumber materi untuk program Bahasa Inggris Tingkat Lanjut! Program ini dirancang khusus bagi siswa Kelas 12 yang memiliki minat dan motivasi tinggi untuk menguasai bahasa Inggris pada level yang lebih komprehensif, setara dengan CEFR Level B2 (Upper Intermediate). Tujuannya adalah membekali siswa dengan kemampuan bahasa tingkat tinggi yang diperlukan untuk studi lanjut, karier global, dan berbagai keterampilan hidup di abad ke-21.

Melalui pendekatan Deep Learning, pembelajaran ini tidak hanya fokus pada penguasaan teknis bahasa, tetapi juga pada pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila. Siswa akan didorong untuk berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif dalam setiap aktivitas pembelajaran yang berbasis teks.

Pendekatan dan Tujuan Pembelajaran

Pendekatan utama yang digunakan adalah pendekatan berbasis teks (genre based approach). Pembelajaran difokuskan pada tiga jenis teks utama: narasi, eksposisi, dan diskusi. Proses ini melibatkan empat tahapan sistematis:

1. Building Knowledge of Field: Guru dan siswa membangun konteks, berbagi pengalaman, dan membahas kosakata serta pola kalimat yang relevan.
2. Modelling of Text: Guru menyajikan model teks (lisan/tulisan) yang akan dipelajari.
3. Joint Construction of Text: Siswa berlatih memproduksi teks secara berkelompok dengan bimbingan guru.
4. Independent Construction of Text: Siswa memproduksi teks secara mandiri untuk menunjukkan penguasaan mereka.

Selain itu, pembelajaran ini juga dirancang untuk membentuk peserta didik yang beriman, mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan berjiwa gotong royong, selaras dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

Ringkasan Capaian Pembelajaran Fase F Tingkat Lanjut

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menggunakan berbagai jenis teks (narasi, eksposisi, diskusi, sastra, otentik) untuk berkomunikasi sesuai situasi, tujuan, dan target audiens. Mereka dapat membahas beragam topik, termasuk isu sosial dan konteks budaya, dengan tingkat kemahiran yang tinggi.

Capaian Pembelajaran Berdasarkan Elemen

Elemen: Menyimak (Listening)

Peserta didik memahami gagasan utama dan informasi rinci dari teks lisan yang kompleks tentang topik konkrit dan abstrak terkait kejadian di lingkungan sekitar, isu mutakhir atau topik terkait mata pelajaran lain dalam teks narasi, eksposisi, dan diskusi.

Students comprehend the main ideas and detailed information of complex listened texts, on both concrete and abstract topics on events in their surroundings, current issues, or topics relevant to other subjects in the curriculum in narrative, exposition, and discussion texts.

Elemen: Membaca (Reading)

Peserta didik memahami gagasan utama dan informasi rinci dari teks tulis yang kompleks tentang topik konkrit dan abstrak dalam bentuk cetak, digital, teks tunggal maupun ganda, terkait kejadian di lingkungan sekitar, isu mutakhir atau topik terkait mata pelajaran lain dalam teks narasi, eksposisi, dan diskusi.

Students comprehend the main ideas and detailed information of complex written texts, both on concrete and abstract topics, in print and on screen or digital, single or multiple, on events in their surrounding, current issues, or topic relevant to other subjects in the curriculum in narrative, exposition, and discussion texts.

Elemen: Menulis (Writing)

Peserta didik memproduksi teks dengan struktur organisasi yang jelas dan detail dalam jenis teks narasi, eksposisi, dan diskusi tentang berbagai topik. Teks yang ditulis menunjukkan pendapat atau pandangan dengan menjelaskan manfaat dan kelemahan atau argumen yang mendukung dan menentang tentang berbagai pilihan atau pendapat.

Students produce texts with a clear and detailed structure of organization on different topics and express ideas or opinions on certain issues or topics in narrative, exposition, and discussion texts. The text shows strengths and weaknesses or arguments for and against different choices or opinions.

Elemen: Berbicara (Speaking)

Peserta didik berinteraksi dengan lancar, spontan, teratur dan tanpa ada hambatan berarti untuk berkomunikasi secara lisan dalam teks narasi, eksposisi, dan diskusi.

Students interact fluently, spontaneously, and in a structured manner without hindrances to communicate orally in narrative, exposition, and discussion texts.

Unduh Perangkat Ajar Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Kelas 12

Dapatkan semua komponen perangkat ajar lengkap melalui tautan di bawah ini:

Download Disini