Download Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Inggris Kelas 12
Di era globalisasi, kemahiran berbahasa Inggris bukan lagi sekadar nilai tambah, melainkan sebuah kompetensi fundamental. Bagi siswa Kelas 12, penguasaan bahasa Inggris yang mumpuni membuka pintu menuju pendidikan tinggi kelas dunia dan karier yang lebih luas. Pembelajaran pada tingkat ini harus melampaui pemahaman tekstual dan mengarah pada kemampuan berkomunikasi yang otentik dan percaya diri.
Pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) untuk Bahasa Inggris dirancang untuk mencapai tujuan tersebut. Metode ini memfokuskan pada penggunaan bahasa dalam konteks nyata, mendorong siswa untuk berdiskusi, menyampaikan opini, dan memproduksi teks yang kompleks. Siswa tidak hanya belajar *tentang* bahasa, tetapi juga *menggunakan* bahasa untuk berpikir kritis dan berkreasi.
Ringkasan Capaian Pembelajaran Fase F
Pada akhir Fase F, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam berbagai jenis teks dengan berbagai macam topik kontekstual untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan target pemirsa/pembacanya. Peserta didik memproduksi teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan/pendapat. Peserta didik memahami teks lisan, tulisan, dan visual untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi dan untuk hiburan. Pemahaman mereka terhadap teks semakin mendalam. Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi, dan kemampuan evaluasi berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris sudah berkembang.
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Elemen
Elemen: Menyimak-Berbicara (Listening-Speaking)
Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespons pertanyaan terbuka serta strategi untuk memulai, mempertahankan, dan menyimpulkan percakapan dan diskusi. Peserta didik memahami dan mengidentifikasi ide utama serta detail relevan dari teks lisan. Mereka juga mampu menyampaikan opini terhadap isu sosial dan membahas minat lintas konteks budaya. Peserta didik dapat mempertahankan pendapatnya, membuat perbandingan, dan menggunakan elemen nonverbal untuk memperkuat pesan.
Students use English to communicate with teachers, peers and others in a range of settings and for a range of purposes. They use and respond to open ended questions and use strategies to initiate, sustain and conclude conversations and discussion. They understand and identify the main ideas and relevant details in oral texts of discussions or presentations on a wide range of topics. They use English to express opinions on social issues and to discuss youth-related interests, behaviors and values across cultural contexts. They give and justify opinions, make comparisons and evaluate perspectives. They employ self-correction and self- repair strategies, and use nonverbal elements (gestures, speed and/or pitch) to strengthen/support the message/information/opinion being conveyed.
Elemen: Membaca-Memirsa (Reading-Viewing)
Peserta didik membaca dan merespons berbagai jenis teks (cetak maupun digital) secara mandiri, baik untuk belajar maupun untuk hiburan. Mereka mampu mencari, membuat sintesis, dan mengevaluasi detil spesifik dari berbagai jenis teks. Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap ide pokok, isu-isu, atau pengembangan plot, serta mampu mengidentifikasi tujuan penulis dan melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat.
Students independently read and respond to a wide range of texts. They read to learn and read for pleasure. They locate, synthesize and evaluate specific details and gist from a range of text genres. These texts might be in the form of print or digital texts, including visual, multimodal or interactive texts. They demonstrate an understanding of the main ideas, issues or plot development in a range of texts. They identify the author’s purpose and make inference to comprehend implicit information in the text.
Elemen: Menulis-Mempresentasikan (Writing-Presenting)
Peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan faktual secara mandiri sesuai tujuan dan target pembaca. Mereka merencanakan, menulis, mengulas, dan merevisi tulisan dengan strategi koreksi diri. Dalam tulisannya, mereka mampu menyampaikan ide yang kompleks dengan kosakata dan tata bahasa yang beragam. Peserta didik juga mampu menyajikan informasi menggunakan berbagai moda presentasi untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda.
Students independently write an extensive range of fictional and factual (nonfiction) text types, showing an awareness of purpose and audience. They plan, write, review and revise texts with some evidence of self-correction strategies in writing conventions. They express complex ideas and use a wide range of vocabulary and verb tenses in their writing. They present information using different modes of presentation in print and digital forms to suit different audiences and to achieve different purposes.
Unduh Perangkat Ajar Bahasa Inggris Deep Learning Kelas 12
Dapatkan semua komponen perangkat ajar lengkap melalui tautan di bawah ini:
Download Disini