Download Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Indonesia Kelas 12
Selamat datang para pendidik hebat! Memasuki jenjang Kelas 12, siswa berada di gerbang akhir pendidikan menengah, di mana kemampuan berbahasa menjadi kunci utama, baik untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi maupun untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif. Pembelajaran Bahasa Indonesia pada level ini tidak lagi sekadar tentang tata bahasa, melainkan tentang bagaimana siswa dapat bernalar kritis, berkreasi, dan berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks.
Untuk menjawab tantangan tersebut, pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) hadir sebagai solusi. Metode ini mendorong siswa untuk tidak hanya mengetahui, tetapi juga memahami makna, mengevaluasi informasi, dan menggunakannya untuk menciptakan gagasan baru. Perangkat ajar yang kami sediakan ini dirancang secara khusus untuk memfasilitasi proses tersebut, dengan berlandaskan pada kerangka Kurikulum Merdeka untuk Fase F.
Perangkat ajar ini bukan hanya kumpulan materi, melainkan sebuah panduan komprehensif yang membantu guru memantik diskusi, merancang proyek, dan melakukan asesmen yang bermakna. Tujuannya adalah membentuk lulusan yang fasih berbahasa, percaya diri dalam berpendapat, dan siap berkontribusi untuk kemajuan peradaban bangsa melalui karya-karyanya.
Capaian Pembelajaran Fase F Berdasarkan Elemen
Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta didik mampu mengkreasi gagasan dan pendapat untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbahasa yang melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk selalu berkarya dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa.
Elemen: Menyimak
Peserta didik mampu mengevaluasi berbagai gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara; mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.
Elemen: Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu mengevaluasi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi.
Elemen: Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyajikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif; mampu menyajikan karya sastra secara kreatif dan menarik. Peserta didik mampu mengkreasi teks sesuai dengan norma kesopanan dan budaya Indonesia. Peserta didik mampu menyajikan dan mempertahankan hasil penelitian, serta menyimpulkan masukan dari mitra diskusi.
Elemen: Menulis
Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menulis karya sastra dalam berbagai genre. Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri. Peserta didik mampu menulis hasil penelitian, teks fungsional dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut. Peserta didik mampu memodifikasi/mendekonstruksikan karya sastra untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan tulisan hasil karyanya di media cetak maupun digital.
Unduh Perangkat Ajar Bahasa Indonesia Deep Learning Kelas 12
Dapatkan semua komponen perangkat ajar lengkap melalui tautan di bawah ini:
Download Disini