Jawaban Pertanyaan Pengembangan Kompetensi Pengelolaan Kinerja Guru di Ruang GTK
1. Apa inspirasi menarik yang Anda peroleh dari kegiatan? Ketik maksimal 3 inspirasi:
Setelah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi tentang asesmen, umpan balik, dan pelaporan berpusat pada peserta didik, saya mendapatkan inspirasi baru yang mengubah cara pandang saya terhadap pembelajaran. Saya menyadari setiap peserta didik memiliki potensi dan kebutuhan berbeda, sehingga pendekatan seragam tidak lagi relevan. Inspirasi pertama, pentingnya membangun hubungan positif agar peserta didik merasa aman, dihargai, dan termotivasi. Kedua, pembelajaran berbasis proyek dan kolaborasi menumbuhkan kemandirian, kreativitas, dan kerja sama. Ketiga, pemanfaatan teknologi secara bijak menciptakan pembelajaran yang personal dan inklusif. Semua ini menegaskan bahwa guru bukan hanya penyampai materi, tetapi fasilitator yang membimbing, menginspirasi, dan menumbuhkan potensi terbaik setiap peserta didik. Melalui perubahan cara pandang ini, saya semakin termotivasi untuk terus belajar dan berinovasi agar pembelajaran di kelas menjadi lebih bermakna dan berpusat pada peserta didik.
2. Bagaimana Anda menerapkan inspirasi tersebut untuk kemajuan penguasaan kompetensi? Ketik minimal 1 penerapan untuk kemajuan penguasaan kompetensi Anda:
Langkah pertama untuk mewujudkan inspirasi tersebut adalah mengembangkan asesmen diagnostik di awal pembelajaran untuk memetakan kebutuhan, minat, dan gaya belajar setiap peserta didik. Hasil asesmen ini akan menjadi dasar dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi, baik dari segi konten, proses, maupun produk yang dihasilkan siswa. Selanjutnya, saya akan melaksanakan proyek pembelajaran kolaboratif minimal satu kali setiap semester, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih peran sesuai minatnya, berdiskusi aktif, serta bekerja sama dalam memecahkan masalah nyata. Selain itu, saya akan mengintegrasikan teknologi secara kreatif, seperti pembuatan video pembelajaran, penggunaan platform interaktif, dan penilaian digital untuk memperkaya pengalaman belajar. Semua langkah ini bertujuan memperkuat kompetensi saya sekaligus menciptakan ekosistem pembelajaran yang inovatif, inklusif, dan benar-benar berpusat pada peserta didik.