Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ujian Substantif PPG Calon Guru (Prajabatan) Tahun 2025

Soal Substantif PPG Calon Guru (Prajabatan) 2025

Berikut adalah 30 contoh soal latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi tes substantif PPG Prajabatan tahun 2025. Soal-soal ini dirancang untuk mengukur kompetensi pedagogik, profesional, dan studi kasus, dengan format yang disesuaikan dengan ujian sesungguhnya, mencakup pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, serta soal tipe benar/salah. Selamat belajar!


Bagian 1: Pilihan Ganda Biasa

Petunjuk: Pilihlah satu jawaban yang paling tepat.
  1. Seorang guru ingin siswanya dapat membuat sebuah karya/produk nyata berdasarkan masalah di lingkungan sekitar. Model pembelajaran yang paling sesuai untuk tujuan ini adalah...
    1. Problem Based Learning (PBL)
    2. Project Based Learning (PjBL)
    3. Discovery Learning
    4. Inquiry Learning
    5. Contextual Teaching and Learning (CTL)
  2. Teori belajar yang menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon adalah teori...
    1. Behavioristik
    2. Kognitif
    3. Konstruktivistik
    4. Humanistik
    5. Sibernetik
  3. Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Modul Ajar, guru merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) atau Tujuan Pembelajaran (TP). Komponen yang mutlak harus ada dalam perumusan TP yang baik sesuai kaidah ABCD adalah...
    1. Audience, Behavior, Condition, Degree
    2. Audience, Builder, Condition, Development
    3. Action, Behavior, Case, Degree
    4. Audience, Behavior, Competency, Development
    5. Action, Builder, Competency, Degree
  4. Penilaian yang dilakukan guru di akhir sebuah unit pembelajaran (misalnya setelah 3-4 kali pertemuan) untuk mengukur pencapaian siswa terhadap satu unit kompetensi tertentu disebut...
    1. Penilaian Formatif
    2. Penilaian Sumatif
    3. Penilaian Diagnostik
    4. Penilaian Autentik
    5. Ujian Sekolah
  5. Bu Dina mendapati seorang siswanya, Adi, sering terlihat murung, tidak mengerjakan tugas, dan prestasinya menurun drastis. Sebagai wali kelas, langkah pertama yang seharusnya Bu Dina lakukan adalah...
    1. Langsung memberikan hukuman agar Adi jera
    2. Menghubungi orang tua Adi dan melaporkan masalahnya
    3. Melakukan pendekatan personal dan dialog empatik dengan Adi
    4. Melaporkan Adi kepada guru Bimbingan Konseling (BK)
    5. Mengabaikannya karena itu masalah pribadi siswa
  6. Pak Tono mengajar di daerah pesisir. Ia selalu mengaitkan materi pelajaran IPA (misalnya tentang ekosistem) dengan kondisi pantai, laut, dan kehidupan nelayan. Pendekatan yang digunakan Pak Tono adalah...
    1. Saintifik
    2. Inquiry
    3. Kontekstual (CTL)
    4. Deduktif
    5. Induktif
  7. Guru menggunakan media sosial (seperti Instagram atau TikTok) untuk membuat rangkuman materi pelajaran yang menarik bagi siswa generasi Z. Dalam hal ini, guru telah menerapkan kompetensi...
    1. Pedagogik
    2. Kepribadian
    3. Sosial
    4. Profesional
    5. Digital
  8. Siswa diminta untuk mengamati video tentang proses terjadinya gerhana bulan, kemudian diminta menyajikan kembali penjelasannya di depan kelas. Penilaian yang paling cocok untuk mengukur keterampilan siswa tersebut adalah...
    1. Tes Tertulis
    2. Portofolio
    3. Penilaian Unjuk Kerja (Performance)
    4. Penilaian Diri
    5. Jurnal Belajar
  9. Manakah di antara berikut ini yang merupakan contoh penerapan model Flipped Classroom?
    1. Siswa belajar dalam kelompok kecil di kelas untuk memecahkan masalah.
    2. Siswa mempelajari materi (video/bacaan) di rumah, dan mengerjakan tugas/diskusi di sekolah.
    3. Siswa membuat proyek penelitian sederhana selama satu semester.
    4. Guru memberikan ceramah, siswa mencatat, lalu mengerjakan LKS.
    5. Siswa melakukan kunjungan belajar ke museum dan membuat laporan.
  10. Istilah "TPACK" dalam konteks kompetensi guru merupakan singkatan dari...
    1. Technological Pedagogical Content Knowledge
    2. Teaching Professional Content Knowledge
    3. Technological Professional Community Knowledge
    4. Teaching Pedagogical Competency Knowledge
    5. Technological Pedagogical Constructivist Knowledge
  11. Saat melakukan asesmen diagnostik di awal tahun ajaran, Bu Rani menemukan bahwa 30% siswanya belum menguasai materi prasyarat (misalnya perkalian dasar). Tindakan yang paling tepat dilakukan Bu Rani adalah...
    1. Melanjutkan materi sesuai RPP agar target kurikulum tercapai
    2. Memberikan materi remedial teaching (matrikulasi) khusus materi prasyarat sebelum memulai materi baru
    3. Memarahi siswa yang belum menguasai materi tersebut
    4. Mengelompokkan siswa yang pintar dengan yang kurang pintar
    5. Memberikan tugas tambahan perkalian untuk dikerjakan di rumah
  12. Dalam Kurikulum Merdeka, kegiatan kokurikuler yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila disebut...
    1. Pembelajaran Intrakurikuler
    2. Pembelajaran Ekstrakurikuler
    3. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
    4. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)
    5. Literasi Lintas Mata Pelajaran
  13. Pak Budi ingin menilai kemampuan siswa dalam berargumentasi dan mempertahankan pendapat secara logis. Bentuk soal tes yang paling tepat adalah...
    1. Pilihan Ganda
    2. Benar-Salah
    3. Menjodohkan
    4. Isian Singkat
    5. Uraian (Esai)
  14. Seorang guru memfasilitasi diskusi kelas. Namun, diskusi didominasi oleh 2-3 siswa yang sangat aktif, sementara siswa lain pasif. Upaya guru untuk mengaktifkan semua siswa adalah...
    1. Menghentikan diskusi dan beralih ke metode ceramah
    2. Memberikan nilai tambah hanya kepada siswa yang aktif
    3. Menggunakan teknik talking stick (tongkat bicara) atau membagi peran dalam kelompok kecil
    4. Menyalahkan siswa yang pasif karena tidak mau berpartisipasi
    5. Melanjutkan diskusi seperti biasa
  15. Kemampuan guru untuk merefleksikan praktik mengajarnya sendiri, mengidentifikasi kekurangan, dan mencari solusi untuk perbaikan secara berkelanjutan disebut...
    1. Refleksi Kritis
    2. Evaluasi Diri
    3. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
    4. Pengembangan Diri
    5. Profesionalisme

Bagian 2: Pilihan Ganda Kompleks

Petunjuk: Pilihlah lebih dari satu jawaban (bisa 2 atau 3) yang Anda anggap benar.
  1. Dalam merancang pembelajaran di era digital, seorang guru profesional harus mempertimbangkan prinsip-prinsip berikut:
    1. Pembelajaran harus berpusat pada guru (Teacher-Centered)
    2. Memanfaatkan teknologi (TIK) secara relevan dan bermakna
    3. Mendorong kolaborasi dan komunikasi antar siswa
    4. Menghindari penggunaan internet agar siswa fokus pada buku teks
  2. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah...
    1. Siswa dihadapkan pada masalah dunia nyata (autentik) di awal pembelajaran
    2. Guru bertindak sebagai fasilitator, bukan sumber informasi utama
    3. Hasil akhir pembelajaran harus selalu berupa produk fisik atau karya seni
    4. Siswa belajar secara mandiri untuk menemukan solusi atas masalah tersebut
  3. Manakah dari pernyataan berikut yang sesuai dengan teori belajar Konstruktivisme?
    1. Pengetahuan dibangun (dikonstruksi) sendiri oleh siswa berdasarkan pengalaman sebelumnya
    2. Belajar adalah proses menghafal fakta dan konsep yang diberikan oleh guru
    3. Hukuman (punishment) sangat efektif untuk mengubah perilaku belajar siswa
    4. Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa mengkonstruksi pengetahuannya
  4. Untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif di kelas, guru seyogyanya...
    1. Mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kecerdasan (ranking)
    2. Mengakomodasi gaya belajar siswa yang beragam (visual, auditori, kinestetik)
    3. Menggunakan bahasa yang tidak diskriminatif (bebas dari bias gender, SARA, dll)
    4. Memberikan perlakuan yang sama persis kepada semua siswa tanpa kecuali
  5. Penilaian autentik (Authentic Assessment) dapat dilakukan dalam bentuk...
    1. Tes Pilihan Ganda dengan 50 soal
    2. Penugasan Proyek (Project)
    3. Penilaian Portofolio
    4. Tes Uraian (Esai) tentang konsep
  6. Seorang siswa di kelas Anda menunjukkan bakat yang sangat menonjol di bidang seni musik, tetapi lemah di pelajaran Matematika. Sikap Anda sebagai guru (meskipun Anda bukan guru seni) adalah...
    1. Fokus hanya pada kelemahannya di Matematika dan memberinya remedial terus-menerus
    2. Mengapresiasi bakatnya di bidang musik dan mendorongnya untuk mengembangkannya
    3. Berkomunikasi dengan guru seni atau orang tuanya untuk mendukung bakat tersebut
    4. Menganggap bakat musik tidak penting karena tidak diujikan di ANBK
  7. Berikut adalah platform digital yang dapat digunakan guru untuk melakukan asesmen formatif secara interaktif di kelas...
    1. Quizizz
    2. Kahoot!
    3. Microsoft Excel
    4. Google Forms
  8. Dua kompetensi utama yang diuji dalam Tes Substantif PPG (selain Tes Literasi dan Numerasi) adalah...
    1. Kompetensi Bidang Studi (Profesional)
    2. Kompetensi Wawasan Kebangsaan
    3. Kompetensi Pedagogik
    4. Kompetensi Tes Potensi Akademik
  9. Saat mengajar, guru mendapati siswanya bosan dan mengantuk. Tindakan yang mencerminkan kompetensi pedagogik untuk mengatasi hal ini adalah...
    1. Memarahi siswa yang mengantuk di depan kelas
    2. Segera menyisipkan ice breaking atau permainan singkat yang relevan
    3. Mengubah metode mengajar menjadi lebih interaktif atau menggunakan media visual
    4. Mengabaikan dan tetap melanjutkan ceramah hingga selesai
  10. Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada guru dalam hal...
    1. Menentukan jam masuk sekolah
    2. Memilih dan mengembangkan modul ajar sesuai kondisi siswa
    3. Melakukan penyesuaian alur tujuan pembelajaran (ATP)
    4. Menghapus mata pelajaran tertentu yang dianggap sulit

Bagian 3: Benar / Salah

Petunjuk: Tentukan apakah pernyataan berikut Benar (B) atau Salah (S).
  1. (B / S) Asesmen Formatif bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran, bukan untuk menentukan nilai rapor siswa.
  2. (B / S) Menurut Taksonomi Bloom yang direvisi oleh Anderson & Krathwohl, level kognitif "Mencipta" (Create/C6) berada di bawah "Menganalisis" (Analyze/C4).
  3. (B / S) Dalam pembelajaran, Higher Order Thinking Skills (HOTS) hanya mencakup kemampuan Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), dan Mencipta (C6).
  4. (B / S) Bullying (perundungan) dalam bentuk verbal (ejekan) tidak berbahaya dan boleh diabaikan oleh guru selama tidak terjadi kontak fisik.
  5. (B / S) Model pembelajaran Discovery Learning mengharuskan siswa menemukan konsep sendiri melalui bimbingan guru, sedangkan Inquiry Learning lebih terbuka dan siswa bisa merumuskan masalahnya sendiri.

Kunci Jawaban

Berikut adalah kunci jawaban dari 30 soal latihan di atas.

Bagian 1: Pilihan Ganda Biasa

  1. B
  2. A
  3. A
  4. B
  5. C
  6. C
  7. E
  8. C
  9. B
  10. A
  11. B
  12. C
  13. E
  14. C
  15. A

Bagian 2: Pilihan Ganda Kompleks

  1. B, C
  2. A, B, D
  3. A, D
  4. B, C
  5. B, C
  6. B, C
  7. A, B, D
  8. A, C
  9. B, C
  10. B, C

Bagian 3: Benar / Salah

  1. Benar
  2. Salah
  3. Benar
  4. Salah
  5. Benar