Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Koding dan Kecerdasan Artifisial Fase D, SMP Kelas 7

Peta konsep ini merangkum materi penting dalam mata pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk kelas 7 SMP/MTs, sesuai dengan Capaian Pembelajaran Fase D.

Materi Utama Kelas 7

Bidang Studi Pokok Bahasan Kelas VII
1. Berpikir Komputasional
  • Pengelolaan data dalam situasi kehidupan
  • Pemecahan masalah sederhana dalam situasi kehidupan
  • Pengembangan dan pengujian instruksi
2. Literasi Digital
  • Konsep dasar konten digital
  • Pengembangan ide dan cerita sederhana
  • Penggunaan aplikasi dasar slide dan infografis
  • Tata letak visual yang menarik
3. Literasi dan Etika Kecerdasan Artifisial
  • Etika penggunaan Kecerdasan Artifisial
  • Konsep dan cara kerja KA Generatif
  • Risiko KA Generatif
  • Manfaat dan dampak KA Generatif
4. Pemanfaatan dan Pengembangan Kecerdasan Artifisial
  • Pengenalan perangkat KA sederhana
  • Menuliskan input bermakna ke dalam sistem KA

Materi Penting untuk Pembahasan Lebih Lanjut

a. Pemecahan Masalah Sederhana dalam Situasi Kehidupan

  • Definisi: Mencari solusi masalah dengan pendekatan berpikir komputasional.
  • Pentingnya: Membangun kemampuan berpikir komputasional untuk masalah bermasyarakat.
  • Strategi Pembelajaran: Pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran unplugged.

b. Aspek Etika dan Hak Cipta (Terkait Literasi Digital)

  • Etika Produk Digital: Penggunaan, pembuatan, dan pembagian konten digital secara bertanggung jawab.
  • Hak Cipta (Copyright): Hak hukum untuk mengontrol salinan, pembagian, atau modifikasi karya.
  • Jenis HAKI: Paten, merek, desain industri, hak cipta, indikasi geografis, rahasia dagang, desain tata letak sirkuit terpadu.
  • Pentingnya: Membangun kesadaran digital, integritas, tanggung jawab, menghindari pelanggaran hukum, mendorong kreativitas jujur.
  • Strategi Pembelajaran: Studi kasus & diskusi, pembelajaran berbasis proyek.

c. Etika Penggunaan Kecerdasan Artifisial

  • Definisi: Penggunaan KA secara adil, bertanggung jawab, dan tidak merugikan manusia.
  • Isu Etika KA: Privasi, bias & diskriminasi, transparansi, tanggung jawab, penyalahgunaan.
  • Pentingnya: Memahami dampak teknologi, membentuk perilaku digital positif, mendorong pemanfaatan KA secara kritis.
  • Strategi Pembelajaran: Studi kasus & diskusi, pembelajaran berbasis masalah, bermain peran.
  • Simulasi Kritis: Perbandingan output dari berbagai platform KA untuk melatih pemikiran kritis.