Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal CAT Calon Petugas Haji 2026

Contoh Soal CAT Calon Petugas Haji 2026 🕋

Latihan Soal Seleksi Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH)


1. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) diangkat dan ditetapkan oleh Menteri. Unsur PPIH meliputi:

  1. PPIH Pusat, PPIH Provinsi, PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter
  2. PPIH Pusat, PPIH Daerah dan PPIH Arab Saudi, PPIH Kloter
  3. PPIH Pusat, PPIH Provinsi, PPIH Embarkasi dan PPIH Arab Saudi
  4. d. PPIH Pusat, PPIH Embarkasi, PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter

2. Struktur organisasi PPIH Arab Saudi terdiri dari:

  1. Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, Tenaga Kesehatan Haji
  2. b. Ketua PPIH, Kepala Daerah Kerja, Ketua Sektor
  3. Ketua Muassasah Thowwafah dan Ketua Maktab Hidamh al Midaniyah
  4. Petugas kloter dan non kloter

3. Tugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH):

  1. a. melakukan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan Jemaah Haji, serta pengendalian dan koordinasi pelaksanaan operasional Ibadah Haji di dalam negeri dan di Arab Saudi.
  2. melakukan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan Jemaah Haji
  3. melakukan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan Jemaah Haji, serta pengendalian dan koordinasi pelaksanaan operasional Ibadah Haji di dalam negeri
  4. melakukan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan Jemaah Haji, serta pengendalian dan koordinasi pelaksanaan operasional Ibadah Haji di Arab Saudi.

4. PPIH Kloter berkewajiban berikan pelayanan kepada Jemaah haji yang tergabung dalam kloternya. Dalam melaksanakan tugas pelayanan selama di bandara Madinah PPIH Kloter dapat melakukan koordinasi dengan instansi/unit kerja dibawah ini **kecuali**:

  1. Petugas PPIH Daker Bandara
  2. b. Petugas Muassasah Asia Tenggara
  3. Petugas Muassasah Adilla
  4. Petugas Maktab Wukala al Muwahhad

5. PPIH Kloter berkewajiban memberikan pelayanan kepada Jemaah haji yang tergabung dalam kloternya. Dalam melaksanakan tugas pelayanan selama di bandara Jeddah PPIH Kloter dapat melakukan koordinasi dengan instansi/unit kerja dibawah ini **kecuali**:

  1. Petugas PPIH Daker Bandara
  2. Petugas Muassasah Asia Tenggara
  3. Petugas Maktab Wukala al Muwahhad
  4. d. Petugas Muassasah Adilla

7. PPIH Kloter berkewajiban berikan pelayanan kepada Jemaah haji yang tergabung dalam kloternya. Dalam melaksanakan tugas pelayanan selama di Makkah, PPIH Kloter dapat melakukan koordinasi dengan instansi/unit kerja dibawah ini **kecuali**:

  1. Petugas PPIH Daker Makkah
  2. Petugas PPIH Sektor pada Daker Makkah
  3. Petugas Muassasah Asia Tenggara
  4. d. Maktab Wukala al Muwahhad

8. PPIH Kloter berkewajiban berikan pelayanan kepada Jemaah haji yang tergabung dalam kloternya. Dalam melaksanakan tugas pelayanan selama di Madinah, PPIH Kloter dapat melakukan koordinasi dengan instansi/unit kerja dibawah ini **kecuali**:

  1. Petugas PPIH Daker Madinah
  2. Petugas PPIH Sektor pada Daker Madinah
  3. c. Petugas Muassasah Asia Tenggara
  4. Petugas Muassasah Adilla

9. Sebelum Jemaah haji diberangkat ke Arab Saudi, setiap jemaah harus dipastikan memegang dokumen atas nama diri sendiri. Dokumen dimaksud berupa:

  1. a. Paspor dan Visa
  2. Paspor, Visa dan DAPIH
  3. Paspor dan ID Card
  4. KTP dan ID Card

10. Selain dokumen, jemaah juga dibekali dengan perlengkapan identitas jemaah berupa:

  1. ID Card
  2. b. Gelang Identitas
  3. KTP
  4. Kartu BPJS

11. Dokumen paspor Jemaah haji selama di Makkah disimpan oleh muassasah thowwafah. Dalam melaksanakan tugas tersebut, muassasah mendelegasikan kepada:

  1. a. Maktab al Hidmah al Midaniyah
  2. Maktab Hidmah al-Indonesia
  3. Maktab Wukala Muwahhad
  4. Muassasah al Adilla

12. Lembaga yang diberi tugas oleh pemerintah Arab Saudi memberikan pelayanan umum kepada jemaah haji selama di Makkah adalah:

  1. Muassasah khassah li khidmat al hajj
  2. b. Muassasah thawaafah
  3. Muassasah Adilla
  4. Maktab wukala Muwahhad

13. Lembaga yang diberi tugas oleh pemerintah Arab Saudi memberikan pelayanan kedatangan kepada jemaah haji adalah:

  1. Maktab zamzamimah
  2. Muassasah thawaafah
  3. c. Muassasah Adilla
  4. Maktab wukala muwahhad

14. Lembaga yang diberi tugas oleh pemerintah Arab Saudi memberikan pelayanan umum kepada jemaah haji selama di Arafah - Muzdalifah - Mina adalah:

  1. Maktab zamzamimah
  2. b. Muassasah thawaafah
  3. Muassasah Adilla
  4. Maktab Wukala Muwahhad

15. Lembaga yang diberi tugas oleh pemerintah Arab Saudi memberikan pelayanan umum kepada jemaah haji selama di Madinah:

  1. Maktab zamzamimah
  2. Muassasah thawaafah
  3. c. Muassasah Adilla
  4. Maktab wukala muwahhad

16. Lembaga yang diberi tugas oleh pemerintah Arab Saudi memberikan pelayanan distribusi air zam zam kepada jemaah haji selama di akomodasi Makkah dan Madinah:

  1. a. Maktab zamzamimah
  2. Muassasah thawaafah
  3. Muassasah Adilla
  4. Maktab wukala muwahhad

17. Dibawah ini pelayanan yang diberikan kepada jemaah selama di embarkasi **kecuali**:

  1. Layanan kesehatan
  2. Layanan akomodasi
  3. Layanan konsumsi
  4. d. Layanan transportasi sholawat

18. Apa yang dimaksud dengan Maktab hidmah al midaniyah:

  1. a. Tempat tinggal jemaah haji di Arab Saudi
  2. Tempat pembayaran DAM
  3. Lembaga yang memberikan pelayanan langsung kepada jemaah haji di Makkah.
  4. Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa sewa akomodasi

19. Untuk menghindari adanya jemaah yang tidak diperbolehkan meninggalkan madinah pada saat keberangkatan ke Makkah, maka petugas kloter harus :

  1. a. Berkoordinasi dengan petugas Daker Madinah untuk melakukan pengecekan dokumen paspor di muassasah
  2. Menghubungi petugas Kementerian Haji untuk meminta paspor jemaah
  3. Menghubungi petugas muassasah untuk meminta paspor jemaah
  4. Menghubungi petugas majmuah untuk meminta paspor jemaah

20. Dokumen paspor petugas kloter sesampainya tiba di bandara Arab Saudi :

  1. harus disimpan oleh petugas kloter sendiri
  2. harus diserahkan kepada petugas Daker Bandara
  3. c. harus diserahkan kepada petugas Maktab Wukala/Muassasah
  4. harus diserahkan kepada petugas Sektor Bandara

21. Akomodasi dan Konsumsi Jemaah Haji dan/atau petugas di Indonesia dan di Arab Saudi menjadi tanggung jawab Pemerintah. Layanan akomodasi Jemaah Haji di Indonesia diberikan pada saat :

  1. Jemaah berada di asrama kab/kota
  2. b. Jemaah berada di asrama embarkasi
  3. Jemaah berada di asrama kab/kota dan embarkasi
  4. Sejak jemaah berangkat dari tempat tinggal

22. Akomodasi dan Konsumsi Jemaah Haji dan/atau petugas di Indonesia dan di Arab Saudi menjadi tanggung jawab Pemerintah. Layanan akomodasi jemaah haji di Arab Saudi meliputi:

  1. Layanan akomodasi di Makkah, Madinah, dan Arafah dan Mina.
  2. Layanan akomodasi di Jeddah, Makkah, dan Madinah.
  3. c. Layanan akomodasi di Jeddah, Makkah, Madinah, dan Arafah serta Mina.
  4. Layanan akomodasi di Jeddah, Makkah, dan Arafah dan Mina.

23. Dasar ploting penempatan pada layanan akomodasi di Makkah adalah :

  1. a. Jenis kelamin jemaah
  2. Pertalian darah jemaah
  3. Asal jemaah
  4. Adat istiadat jemaah

24. Layanan akomodasi yang diberikan kepada jemaah haji pada saat berada di Madinah adalah setara dengan 40 waktu sholat fardhu. Penentuan 40 waktu tersebut dituangkan dalam dokumen kesepakatan yang ditandatangani oleh ketua kloter dengan penanggung jawab hotel. Dokumen kesepakatan dimaksud adalah :

  1. Bayan tarheel
  2. Tasrekh iskan
  3. Certificate of Died
  4. d. Tasrekh

25. Ploting kamar jemaah haji dilakukan oleh:

  1. Ketua Kloter
  2. Ketua Rombongan
  3. Jemaah haji sendiri
  4. d. Petugas Sektor/Daker

26. Dibawah ini kewajiban yang harus dilakukan oleh penyedia akomodasi, **kecuali**:

  1. Menyediakan petugas untuk menaikkan dan menurunkan barang bagasi jemaah
  2. Menyediakan petugas kebersihan dan keamanan
  3. c. Menyediakan petugas kesehatan
  4. Menyediakan petugas resepsionis

27. Apa yang dimaksud dengan sistem Zonasi:

  1. Penempatan Jemaah Haji berdasarkan Embarkasi dalam satu wilayah
  2. b. Penempatan Jemaah Haji berdasarkan Maktab
  3. Penempatan Jemaah Haji berdasarkan Provinsi
  4. Penempatan Jemaah Haji berdasarkan Kabupaten/kota

28. Kapasitas maksimal jumlah jemaah haji dalam satu kamar di hotel Makkah:

  1. 8 Jemaah
  2. b. 6 Jemaah
  3. 4 Jemaah
  4. 2 Jemaah

29. Selama di Jeddah, Jemaah haji mendapatkan layanan konsumsi sebanyak.... Kali.

  1. 3
  2. b. 2
  3. 1
  4. 4

30. Distribusi layanan konsumsi di Bandara Jeddah pada saat kedatangan diberikan di....

  1. Bis
  2. Mushola
  3. c. Plaza Bandara
  4. Pesawat

31. Distribusi layanan konsumsi di Bandara Jeddah pada saat kepulangan diberikan di

  1. Bis
  2. b. Plaza Bandara
  3. Pesawat
  4. Mushola

32. Selama di Madinah, Jemaah haji mendapatkan layanan konsumsi paling banyak.... Kali.

  1. 9
  2. 16
  3. 10
  4. d. 18

33. Paket kelengkapan konsumsi di Madinah diberikan paling lambat .... Hari setelah kedatangan Jemaah haji.

  1. a. 2
  2. 4
  3. 3

🔑 Kunci Jawaban Lengkap Soal CAT PPIH

No. Jawaban No. Jawaban No. Jawaban
1d12b23a
2b13c24d
3a14b25d
4b15c26c
5d16a27b
7d17d28b
8c18a29b
9a19a30c
10b20c31b
11a21b32d
22c33a

Jawaban yang benar pada pilihan ganda telah dicetak tebal dan berwarna biru.