Download Perangkat Ajar Deep Learning Fisika Kelas 11 - Kurikulum Merdeka

Download Perangkat Ajar Deep Learning Fisika Kelas 11

Pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam mata pelajaran Fisika Kelas 11 berfokus pada pengembangan pemahaman konseptual terhadap hukum-hukum alam. Ini bukan hanya tentang menghafal rumus, melainkan tentang kemampuan menganalisis fenomena, membangun model matematis, dan menerapkannya untuk memecahkan masalah nyata.

Dalam prosesnya, guru berperan sebagai fasilitator yang memandu siswa untuk melakukan eksperimen, menginterpretasi data, dan memahami logika di balik setiap persamaan fisika. Siswa didorong untuk berpikir seperti seorang fisikawan, mampu melihat keteraturan alam semesta dan mengungkapkannya dalam bahasa yang logis dan kuantitatif.

Untuk mendukung metode pembelajaran yang berbasis penalaran ini, kami menyediakan perangkat ajar yang komprehensif. Perangkat ini dirancang untuk membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang menantang secara intelektual, memastikan siswa dapat menguasai konsep fisika secara mendalam dan aplikatif.

Unduh Perangkat Ajar Fisika Deep Learning Kelas 11

Dapatkan semua komponen perangkat ajar lengkap melalui tautan di bawah ini:

Download Perangkat Ajar

Capaian Pembelajaran Fisika Fase F

Pada akhir Fase F, peserta didik mampu memahami konsep kinematika dan dinamika, fluida, termodinamika, gelombang, kelistrikan dan kemagnetan, serta fisika modern. Konsep-konsep tersebut memungkinkan peserta didik untuk menerapkan dan mengembangkan keterampilan inkuiri sains mereka. Capaian Pembelajaran setiap elemen adalah sebagai berikut:

Elemen Capaian Pembelajaran
Pemahaman Fisika Peserta didik mampu memahami konsep gerak, yaitu hubungan gaya dan gerak serta pemanfaatannya untuk menjelaskan fenomena alam, desain, atau rekayasa struktur; penerapan hukum fluida dalam kehidupan sehari-hari; konsep kalor dan termodinamika serta penerapannya untuk menganalisis dampak perubahan iklim; gejala gelombang dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; rangkaian listrik dan fenomena elektromagnetik; teori dasar fisika modern dan pengaruhnya terhadap perkembangan teknologi; serta teori dasar digital dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Keterampilan Proses

Mengamati

Peserta didik mengamati fenomena ilmiah dan mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan detail dari objek yang diamati untuk memunculkan pertanyaan yang akan diselidiki.

Mempertanyakan dan Memprediksi

Peserta didik merumuskan pertanyaan ilmiah dan hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah.

Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan

Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya. Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara sistematis dan akurat.

Memproses, Menganalisis Data dan Informasi

Peserta didik menafsirkan informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. Peserta didik menggunakan berbagai metode untuk menganalisis pola dan kecenderungan pada data. Peserta didik mendeskripsikan hubungan antar variabel serta mengidentifikasi inkonsistensi yang terjadi. Peserta didik menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menarik kesimpulan yang konsisten dengan hasil penyelidikan.

Mengevaluasi dan Refleksi

Peserta didik mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan, serta menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data. Peserta didik menganalisis validitas informasi dari sumber primer dan sekunder dan mengevaluasi pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam penyelidikan.

Mengomunikasikan Hasil

Peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan utuh ditunjang dengan argumen ilmiah dan terbuka terhadap pendapat yang lebih relevan.