Soal 1 dari 5
Pada salah satu pertemuan bimbingan, peserta didik yang melaksanakan PKL menyampaikan bahwa mereka ternyata banyak diminta melakukan tugas-tugas yang di luar materi belajarnya oleh pihak perusahaan. Masalahnya, perusahaan tersebut adalah perusahaan bereputasi yang sangat jarang memberi kesempatan bagi institusi pendidikan untuk melaksanakan PKL di tempatnya. Apa yang Anda lakukan sebagai pembimbing?
Jawaban Terbaik (Bobot Nilai 5):
Mengklarifikasi informasi tersebut kepada pembimbing industri sekaligus menyamakan persepsi kembali tentang kegiatan-kegiatan selama proses magang.
Soal 2 dari 5
Pada saat kegiatan PKL dilaksanakan, terdapat kejadian dimana ada peserta didik yang bersikap tidak sopan dan berperilaku tidak disiplin. Hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman, karena sebelum PKL dimulai, seluruh peserta didik sudah cukup diberikan pembekalan terkait upaya menjaga sikap dan perilaku di tempat mereka belajar praktik kerja. Sebagai pembimbing, apa yang Anda lakukan?
Jawaban Terbaik (Bobot Nilai 5):
Memberikan pemahaman kepada mitra tempat PKL atas situasi yang di luar kendali tersebut dan mendampingi peserta didik saat menyampaikan permohonan maaf kepada pihak mitra.
Soal 3 dari 5
Semester ini para peserta didik akan mempelajari tentang bagaimana membuat desain produk secara digital. Anda diminta menerapkan pembelajaran berbasis proyek, namun ada kekhawatiran siswa tidak belajar dengan optimal mengingat mereka masih belum cukup punya pemahaman yang baik secara konseptual. Apa langkah yang Anda ambil kemudian?
Jawaban Terbaik (Bobot Nilai 5):
Menyusun rancangan pembelajaran berbasis proyek mulai dari saat peserta didik menerima pesanan hingga menuntaskan desainnya.
Soal 4 dari 5
Dalam pertemuan monev kali ini, Anda sebagai pembimbing menemukan prosedur praktik kerja salah satu peserta didik yang kurang sesuai dengan materi belajarnya. Anda pun memberikan umpan balik dan memintanya untuk melakukan perbaikan. Sayangnya, pertemuan ini adalah monev terakhir, sehingga waktu untuk memperbaiki sikap dan perilaku peserta ddik terbatas. Apa yang Anda lakukan jika menghadapi situasi ini?
Jawaban Terbaik (Bobot Nilai 5):
Memberikan umpan balik sesuai kondisi yang terjadi, agar bisa dimanfaatkan oleh peserta didik yang bersangkutan untuk memperbaiki diri dan aktivitasnya di momen PKL selanjutnya.
Soal 5 dari 5
Seringkali terdapat perbedaan antara apa yang disediakan oleh produsen atau penyedia jasa dengan kebutuhan pelanggan. Anda pernah pula mengalaminya ketika bekerja di sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat rumah tangga. Posisi Anda ada di bagian desain produk. Saat itu perusahaan menghendaki desain produk yang mengutamakan efisiensi dalam biaya produksi, sementara kebutuhan pelanggan cenderung berkonsekuensi pada desain produk yang biaya produksinya cukup tinggi. Dalam situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?
Jawaban Terbaik (Bobot Nilai 5):
Mengidentifikasi berbagai kebutuhan pelanggan dengan cermat terkait produk yang sedang dikerjakan.